Gelombang Panas, Konsumsi Listrik Korea Selatan Cetak Rekor Tertinggi

Selasa, 02 Agustus 2022 | 11:10 WIB Sumber: Yonhap,Yonhap
Gelombang Panas, Konsumsi Listrik Korea Selatan Cetak Rekor Tertinggi

ILUSTRASI. konsumsi listrik di Korea Selatan cetak rekor tertinggi pada bulan Juli 2022

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Konsumsi listrik bulanan di Korea Selatan mencapai rekor tertinggi pada bulan Juli 2022. Korea Power Exchange (KPX), operator listrik Korea Selatan mengatakan, hal tersebut terjadi karena Negeri Ginseng dicengkeram oleh gelombang panas yang terik.

KPX bilang, rata-rata konsumsi daya maksimum listrik di Korea Selatan mencapai 82.007 megawatt (MW) di bulan lalu. Jumlah itu naik 1% dari konsumsi listrik di tahun lalu.

Konsumsi tersebut merupakan yang tertinggi sejak pemerintah mulai menyusun data konsumsi listik pada 2005. Rekor sebelumnya terjadi pada Juli 2021 yang mencapai 81.158 MW.

Rasio cadangan daya juga turun di bawah 10% tiga kali bulan lalu, kata KPX. Korea Selatan harus memiliki rasio cadangan 10% atau lebih untuk menjaga pasokan listrik yang stabil dan bersiap untuk keadaan darurat.

Baca Juga: Inflasi Korea Selatan Capai 6,3% di Juli, Dekati Level Tertinggi dalam 24 Tahun

Meningkatnya permintaan datang karena Korea Selatan mengalami gelombang panas dan malam tropis. Suhu rata-rata untuk bulan Juli 2022 mencapai 26 derajat Celcius, lebih tinggi dari biasanya, kata KPX.

Penggunaan daya industri juga meningkat baru-baru ini setelah pulih dari dampak pandemi COVID-19, menurut pejabat kementerian industri.

"Kami akan berusaha untuk mengamankan cadangan daya tambahan tanpa hambatan, sambil menerapkan langkah-langkah untuk mengurangi konsumsi daya, terutama di lembaga-lembaga publik," kata seorang pejabat kementerian.

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru