kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Gempa dahsyat melanda Turki timur, 14 orang dinyatakan tewas


Sabtu, 25 Januari 2020 / 05:24 WIB
Gempa dahsyat melanda Turki timur, 14 orang dinyatakan tewas
ILUSTRASI. Ilustrasi gempa bumi, alat seismograf. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/kye/17

Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - ISTANBUL. Sebuah gempa dahsyat melanda Turki timur pada hari Jumat (24/1/2020), menewaskan sedikitnya 14 orang dan menghancurkan bangunan di dekat pusat gempa, yang dirasakan di beberapa negara tetangga.

Melansir Reuters, Pusat Seismologi Eropa-Mediterania (EMSC) melaporkan, gempa berkekuatan 6,8 magnitudo melanda provinsi Elazig, sekitar 550 km (340 mil) timur ibukota, Ankara. Gempa ini juga diikuti oleh puluhan gempa susulan.

Delapan orang tewas di Elazig dan enam lainnya di provinsi tetangga Malatya, kata Otoritas Manajemen Bencana dan Darurat Turki (AFAD). Gubernur regional mengatakan ratusan orang terluka.

Lembaga penyiaran negara Turki, TRT, memperlihatkan cuplikan polisi dan pekerja darurat yang sedang mencari korban di bawah bangunan yang runtuh di Elazig. Jendela-jendela tampak hancur dan balkon telah jatuh ke tanah.

Baca Juga: Pasca gempa dan tsunami, Askrindo gandeng Baznas bangun Masjid di Sulawesi Tengah

Di gedung lain yang runtuh, tim bekerja tanpa bantuan alat untuk mengeluarkan batu bata dan plester dari reruntuhan.

Menteri Dalam Negeri Suleyman Soylu menggambarkan gempa bumi sebagai insiden "Level 3" sesuai dengan rencana tanggap darurat negara. Ini berarti membutuhkan bantuan di tingkat nasional. Jika sudah mencapai level 1, maka negara ini membutuhkan bantuan internasional.

Gempa terjadi di daerah terpencil yang berpenduduk relatif sedikit dan perlu waktu bagi pihak berwenang untuk menetapkan tingkat kerusakan yang terjadi.

Baca Juga: Sedang diisi ulang magma, letusan Gunung Taal bisa dahsyat




TERBARU

Close [X]
×