kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Genjot penjualan, Apple produksi iPad baru


Rabu, 13 Agustus 2014 / 09:10 WIB
Genjot penjualan, Apple produksi iPad baru
ILUSTRASI. Kurs Dollar-Rupiah di BCA Hari Ini Rabu (1/3), Tengok Sebelum Tukar Valas./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/25/05/2021.


Reporter: Fitri Nur Arifenie | Editor: Fitri Arifenie

TAIPEI. Persaingan di pasar tablet semakin sengit. Apple Inc dikabarkan telah memulai produksi iPad versi terbaru. Apple mengharapkan model anyar ini bisa mengerek penjualan iPad setelah dua kuartal berturut-turut merosot.

Sumber Bloomberg mengatakan, iPad mini dengan ukuran layar 9,7 inci tersebut siap diluncurkan ke pasar di akhir tahun ini atau awal tahun depan. Namun, Trudy Muller, jurubicara Apple Inc menolak berkomentar soal produk baru ini. 

Apple sendiri masih menimbang-nimbang waktu yang tepat untuk meluncurkan iPad versi paling baru tersebut. Liburan akhir tahun merupakan momen berburu gadget baru. 

Tapi, itu bersamaan dengan keluarnya iPhone generasi baru dengan layar 4,7 inci dan 5,5 inci. Dua model iPhone tersebut sudah masuk ke produksi massal pada bulan Juli. Sesuai rencana, iPhone anyar akan resmi diluncurkan pada 9 September 2014. 

Meski belum ada pernyataan resmi bagaimana model iPad mini tersebut, sumber Bloomberg pernah menyatakan bahwa iPad generasi terbaru ini lebih tipis dibandingkan dengan generasi terakhir yang dibuat pada Maret 2012 dan memiliki dimensi ketebalan sebesar 7,2 milimeter.

Apple menciptakan pasar tablet pada tahun 2010 dengan meluncurkan iPad pertamanya. Namun, penjualan iPad terus tergelincir turun. Sebab, konsumen lebih menyukai ponsel yang dengan ukuran lebih lebar. 

Firma riset pasar, IDC, menurunkan proyeksi pertumbuhan permintaan tablet sebesar 12,1% untuk pasar tablet tahun 2014 di seluruh dunia. Pangsa pasar Apple akan bergeser dari 40% menjadi 32,5%.

Kelemahan Apple

Lini bisnis iPad merupakan penyumbang pendapatan terbesar kedua setelah iPhone. Berdasarkan laporan keuangan Apple di kuartal III untuk tahun fiskal berakhir 28 Juni 2014, penjualan iPad turun 9% menjadi 13,3 juta unit dibandingkan periode sama tahun lalu yakni 14,62 juta unit. 

Selain iPad, penjualan produk Apple lain yakni iPod anjlok 36% menjadi 2,93 juta unit. "Salah satu titik kelemahan Apple adalah pasar tablet," ujar Amit Daryani, analis RBC Capital Markets seperti dikutip Bloomberg. Sementara, sumber pendapatan terbesar Apple yakni iPhone berhasil terjual sebanyak 35,2 juta unit, naik 12% year on year (yoy). 

Harga saham Hon Hai Precision Industry Co dan Pegatron Corp, suplier Apple Inc naik 2,6%, kemarin, di bursa Taipei, Taiwan. Sedangkan harga saham Samsung, rival terberat Apple turun 0,3% di bursa Seoul, Korea Selatan.        




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×