kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Giliran Rudal Rusia Hantam Penyimpanan Gas Ukraina, Pasokan Listrik Berkurang 50%


Senin, 25 Maret 2024 / 03:01 WIB
Giliran Rudal Rusia Hantam Penyimpanan Gas Ukraina, Pasokan Listrik Berkurang 50%
ILUSTRASI. Sebuah rudal Rusia meledak di Kyiv. Polandia mengatakan Rusia melanggar wilayah udaranya dengan rudal yang menargetkan wilayah Lviv di Ukraina barat. Foto: Gleb Garanich/Reuters


Sumber: Reuters | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID - KYIV - Tempat penyimpanan gas bawah tanah di Ukraina diserang pada Minggu dalam gelombang terbaru serangan rudal Rusia terhadap fasilitas listrik, kata perusahaan energi Naftogaz milik negara Ukraina, yang menambahkan bahwa pasokan gas ke konsumen tidak terpengaruh.

Kementerian Energi dan Distributor Energi Ukraina mengatakan Ukraina meningkatkan impor listrik dan menghentikan ekspor pada hari Minggu (24/3) setelah serangkaian serangan Rusia baru-baru ini, yang menyebabkan produsen energi terkemuka DTEK kehilangan 50% kapasitasnya.

Rusia menyerang fasilitas pembangkit dan transmisi Ukraina pada hari Jumat, menyebabkan pemadaman listrik yang signifikan di banyak wilayah, dan fasilitas energi di tiga wilayah Ukraina juga diserang pada hari Minggu pagi.

CEO Naftogaz Oleksiy Chernyshov mengatakan peralatan rusak akibat pemogokan dan perbaikan sedang dilakukan.

“Situasi ini tidak akan berdampak kritis terhadap operasi UGS karena gas disimpan jauh di bawah tanah,” tulis Chernyshov di Facebook.

“Infrastruktur permukaan yang rusak memerlukan perbaikan, namun kami memiliki kapasitas cadangan yang cukup untuk memitigasi dampak langsung.

Chernyshov mengatakan pada hari Minggu sebelumnya bahwa perusahaan memenuhi semua permintaan pelanggan.

Baca Juga: Serangan Rudal Rusia Gemparkan Ibu Kota Ukraina, 10 Orang Dilaporkan Terluka

Kementerian Energi mengatakan dalam sebuah pernyataan: "Untuk hari ini, impor listrik diperkirakan mencapai 14.900 megawatt-jam (MWh). Diperkirakan tidak ada ekspor."

Ukraina mengimpor 3.300 MWh sehari sebelum serangan pada 22 Maret, dengan ekspor sebesar 2.148 MWh.

“Kerugian (akibat serangan hari Jumat) telah dinilai dan kelompok DTEK telah kehilangan 50% kapasitas pembangkitnya, kami dapat menyampaikan informasi ini secara resmi,” Serhiy Kovalenko, kepala perusahaan distribusi Yasno, mengatakan di televisi nasional.

Dia tidak memberikan rincian lebih lanjut. DTEK adalah perusahaan pembangkit listrik swasta terbesar di Ukraina.

Baca Juga: Ukraina Sebut Rusia Siapkan 100.000 Tentara Baru untuk Serangan pada Musim Panas

'KAPASITAS CADANGAN YANG CUKUP'

Kovalenko mengatakan Rusia telah menyerang dua bagian sistem energi – pembangkitan dan distribusi, serta menyerang pembangkit listrik tenaga panas dan air.

“Musuh menyerang dengan keras titik-titik jaringan dan trafo,” katanya.

Kementerian tersebut mengatakan bahwa Rusia pada hari Minggu telah berusaha untuk menyerang fasilitas infrastruktur energi penting di wilayah Lviv di Ukraina barat.

“Peralatan terbakar dan fasilitas dimatikan. Tidak ada korban jiwa. Konsekuensinya sedang dikaji,” kata kementerian.

Dikatakan bahwa saluran listrik di wilayah Kyiv rusak dan 1.400 rumah tangga di dua permukiman terputus aliran listriknya.

Baca Juga: Serangan Rudal Rusia Merusak Pasokan Listrik di Kharkiv Ukraina

Chernyshov dari Naftogaz mengatakan perusahaannya saat ini sedang berupaya melokalisasi dan menghilangkan dampak serangan Rusia.

“Tidak ada konsekuensi penting terhadap pengoperasian fasilitas penyimpanan (bawah tanah), karena gas berada pada kedalaman yang cukup dalam. Bagian infrastruktur bawah tanah yang rusak perlu diperbaiki, namun kami memiliki kapasitas cadangan yang memadai,” katanya.

Sebagian besar kapasitas penyimpanan gas Ukraina berada di bagian barat negara itu dan mampu menyimpan sekitar 30 miliar meter kubik gas.




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×