kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45902,65   -3,64   -0.40%
  • EMAS1.318.000 0,61%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

GM siapkan Cadillac berteknologi canggih


Selasa, 09 September 2014 / 09:42 WIB
GM siapkan Cadillac berteknologi canggih
ILUSTRASI. BRI melakukan penyesuaian jadwal jam layanan Unit Kerja Operasional (UKO) selama bulan Ramadan . KONTAN/Carolus Agus Waluyo


Reporter: Yuwono Triatmodjo | Editor: Sanny Cicilia

DETROIT. General Motors Co., perusahaan otomotif terbesar Amerika Serikat (AS) bakal meluncurkan seri mobil Cadillac teranyar dalam dua tahun mendatang. Saking canggihnya, mobil itu diklaim dapat melaju di ruas jalan bebas hambatan, tanpa si pengemudi repot memegang kemudi dan menginjak gas.

Produsen Cadillac membenamkan fitur "super cruise" pada model mobil yang akan dirilis tahun 2017 mendatang. "Teknologi ini bisa mengambil alih kemudi, pada saat laju kendaraan dikisaran 70 kilometer per jam. Atau juga pada saat kendaraan mulai melaju pada lalulintas yang padat merayap," kata Mary Barra, Chief Executive Officer (CEO) General Motors, Minggu (7/9), seperti dikutip Bloomberg.

Dengan teknologi super cruise, lanjut Barra, pengemudi akan dimanjakan saat harus melalui jalur kemacetan. "Atau bila mood jelek sedang menyerang di jalan tol, Anda bisa melepaskan kemudi dan pedal, untuk kemudian membiarkan mobil Anda mengambil alih kontrol," tutur Barra

Barra optimistis, sistem ini akan menjadi barang mewah bagi para pemiliknya. Sayang, General Motors masih merahasiakan nama produk yang tengah dikembangkan itu.

Namun, analis tidak lantas menyambut positif fitur inovatif garapan General Motors tersebut. Michelle Krebs, analis dan peneliti AutoTrader.com yang berbasis di Royal Oak, Michigan, menyatakan bahwa konsumen saat ini bisa skeptis dengan fitur canggih yang ditawarkan pihak General Motors.

Sebab, tidak sedikit produk General Motors yang ditarik dari peredaran karena tak sempurna. "Masyarakat masih khawatir terkait keamanan. Ini akan memakan waktu lama untuk kembali menarik kepercayaan konsumen," imbuh Krebs.

Hal tersebut tampaknya disadari benar oleh pihak General Motors. "Sangat penting bekerja dengan sempurna," kata Barra.

Asal tahu saja, semua produsen mobil memang sedang berlomba-lomba memproduksi mobil yang bisa berjalan sendiri (self-driving).

Sampai saat ini, baru produk Hyundai Motor Co. dan Honda Motor Co., telah menawarkan fitur keselamatan seperti sistem pengereman otomatis dan cruise control yang dapat menyesuaikan kecepatan kendaraan yang sedang melaju dengan kendaraan yang ada di depannya.




Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×