kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hadapi resesi akibat Covid-19, Singapura luncurkan paket stimulus setara 20% dari PDB


Selasa, 26 Mei 2020 / 17:11 WIB
Hadapi resesi akibat Covid-19, Singapura luncurkan paket stimulus setara 20% dari PDB
ILUSTRASI. Suasana di Singapura saat pandemi Corona.


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - SINGAPURA. Singapura meluncurkan paket stimulus multi miliar dolar keempatnya dalam beberapa bulan pada Selasa (26/5), karena resesi diperkirakan lebih dalam dari yang diproyeksi sebelumnya akibat pandemi Covid-19.

Mengutip Reuters, Selasa (26/5), paket S$ 33 miliar yang baru yang diungkapkan oleh menteri keuangan Singapura di parlemen memberikan dukungan untuk rumah tangga dan bisnis hingga hampir S$ 100 miliar atau 20% dari PDB Singapura.

Paket stimulus ini datang tak lama setelah Singapura menurunkan perkiraan PDB nya ke kisaran kontraksi -7% menjadi -4% dari kisaran sebelumnya -1% menjadi -4%, dan membuka jalan bagi resesi terdalam sepanjang 55 tahun.

Baca Juga: Orang kaya China berburu rumah mewah ke Singapura hingga Sydney

"Ini adalah paket penting dan tanggapan yang diperlukan untuk krisis yang belum pernah terjadi sebelumnya," kata Heng Swee Keat.

Ekonomi Singapura menyusut 0,7% year-on-year pada kuartal pertama dan 4,7% kuartal-ke-kuartal.

"Masih ada tingkat ketidakpastian yang signifikan atas panjang dan beratnya wabah Covid-19, serta lintasan pemulihan ekonomi," kata Gabriel Lim, sekretaris tetap di kementerian perdagangan dan industri.

Menyusul penurunan peringkat, bank sentral mengatakan kebijakan moneter tetap tidak berubah dan selanjutnya akan ditinjau pada bulan Oktober, sesuai rencana.

Singapura juga memangkas outlook untuk ekspor domestik non-minyak tahun 2020 menjadi -4,0% menjadi -1,0%, dari -0,5% menjadi 1,5%. Ekspor telah menjadi titik terang yang langka untuk ekonomi yang bergantung pada perdagangan dalam beberapa bulan terakhir terutama karena lonjakan pengiriman farmasi.

Indeks harga utama Singapura, indeks harga konsumen inti, dikontrak untuk bulan ketiga berturut-turut di bulan April, menyentuh level terendah baru 10-tahun.

Analis memperkirakan ekonomi Asia Tenggara akan melihat kontraksi yang lebih dalam pada kuartal kedua karena lockdown dua bulan, untuk memutus rantai pandemi oleh pihak berwenang, di mana sebagian besar tempat kerja ditutup untuk mengekang penyebaran virus.

Singapura mencatat jumlah infeksi tertinggi di Asia dan mengatakan bahwa pengurangan lockdown mulai minggu depan akan dilakukan secara bertahap.

Jeff Ng, ahli strategi keuangan senior di HL Bank, mengatakan lockdown Singapura dapat mengakibatkan kontraksi lebih dari 20% secara tahunan pada kuartal kedua, menggarisbawahi perlunya stimulus fiskal yang besar dan kuat.

Baca Juga: Laporkan 383 infeksi baru, kasus corona Singapura tembus 32.000

"Singapura telah memberikan dosis obat yang kuat untuk mencoba mendukung penyakit ekonomi saat ini," kata Ng.

Menteri Keuangan Heng mengatakan paket stimulus mengharuskan pemerintah untuk menarik hingga S$ 52 miliar dari cadangan masa lalu dan diperkirakan akan menghasilkan defisit terbesar dalam sejarah sebesar S$ 74,3 miliar sepanjang tahun 2020.

Pemerintah pertama kali menandai kemungkinan resesi pada bulan Februari ketika memangkas perkiraan PDB 2020 menjadi -0,5% menjadi 1,5%, dari 0,5% menjadi 2,5% sebelumnya.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×