kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hankook Tire Melihat China Menjadi Kontributor Terbesar Pendapatan


Selasa, 23 Agustus 2022 / 15:05 WIB
Hankook Tire Melihat China Menjadi Kontributor Terbesar Pendapatan
ILUSTRASI. Hankook Tire catatkan penjualan global KRW 2,039 miliar selama kuartal II-2022


Reporter: Vina Elvira | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - SEOUL Hankook Tire & Technology (Hankook Tire) mengumumkan hasil keuangan perusahaan pada kuartal II-2022 dengan total penjualan mencapai KRW 2,039 miliar dan laba operasionalnya mencapai KRW 175,2 miliar.

Mengutip keterangan resmi perusahaan Selasa (22/8), pada kuartal kedua tahun 2022, Hankook Tire mampu mencatat pertumbuhan sebesar 12,9% yoy dan 13,9% qoq, di tengah berbagai tantangan dari sisi eksternal, seperti gangguan rantai pasokan global dan kenaikan biaya bahan baku.

"Jika dibandingkan dengan tahun lalu, terdapat penurunan laba usaha sebanyak 6,3%, namun jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya terjadi peningkatan sebesar 39%. pencapaian tersebut didukung oleh adanya perluasan porsi produk HVA (high-value-added) atau produk bernilai tinggi dan strategi penetapan harga yang efektif," ungkap Manajemen Hankook Tire, dalam keterangannya. 

Baca Juga: Ini Fokus Bisnis Hankook Tire di Tahun 2022

Berdasarkan data perusahaan, penjualan ban mobil penumpang high-Inch (18 inch lebih), tetap menjadi penggerak pertumbuhan paling utama perusahaan. Kontribusi segmen ban tersebut mencakup 39,1% dari total penjualan ban mobil Hankook atau meningkat 1,1% dari kuartal fiskal terakhir.

Hankook Tire melihat bahwa Cina adalah pasar dengan kontributor terbesar. Penjualan ban mobil penumpang high-inch di Cina mampu berkembang dari 11,5% per-tahun menjadi 51,8%. Kemudian diikuti oleh pasar Korea, yang meningkat 3,4% yoy ke rekor tertinggi yaitu 50,5%. Sementara itu, terdapat peningkatan 0,5% yoy untuk pasar Eropa.

"Terdapat pertumbuhan dalam pendapatan konsolidasi dikarenakan pertumbuhan penjualan yang kuat di pasar Amerika Utara baik untuk ban asli maupun ban pengganti," tutur Manajemen. 

Namun, volume penjualan dan laba operasi pada kuartal kedua mengalami penurunan dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu, sebagai dampak pasar dari konflik Rusia-Ukraina, lockdown di Cina, dan tingkat inflasi yang tinggi secara historis.

Selain kinerja bisnis yang stabil, pada kuartal kedua terdapat momentum yang signifikan bagi Hankook. Pada bulan Mei, Hankook membuka ‘Hankook Technoring’ proving ground atau tempat uji coba ban terbesar di Asia. 

Baca Juga: Hankook Tire Berupaya Terus Tingkatkan Penjualan Ban di Indonesia

Trek uji coba tersebut menawarkan jalur yang menantang untuk produk-produk Hankook yang paling canggih, seperti ban untuk kendaraan listrik (EVs) dan supercars. Hankook Tire menyiapkan agar tahapan ini berperan penting dalam memastikan produk Hankook memenuhi persyaratan produsen kendaraan serta mendorong era kendaraan listrik. 

Selama kuartal kedua, Hankook juga terus melengkapi mobil premium dengan peralatan ban asli. Hankook juga menjadi mitra ban resmi Audi Q4 e-tron dan Audi Q4 Sportback e-tron pada produk Ventus S1 evo 3 EV. Dukungan Hankook yang ekstensif pada mobil listrik Audi terjalin sejak instalasi untuk mobil listrik pertama Audi, Audi e-tron GT, pada Juni tahun lalu. 

Hankook Tire menargetkan pertumbuhan dua digit tahun ini dan juga meningkatkan porsi penjualan ban high-inch menjadi 42% dari total penjualan ban mobil penumpang. Hankook pun akan fokus untuk dapat memimpin di segmen ban kendaraan listrik. 




TERBARU

[X]
×