kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45672,14   1,07   0.16%
  • EMAS916.000 -1,08%
  • RD.SAHAM 0.54%
  • RD.CAMPURAN 0.26%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.10%

Harapan baru, Australia mulai uji pra-klinis vaksin virus corona


Kamis, 02 April 2020 / 17:14 WIB
Harapan baru, Australia mulai uji pra-klinis vaksin virus corona
ILUSTRASI. Seorang ilmuwan di perusahaan obat RNA, Arcturus Therapeutics, meneliti vaksin untuk viru corona baru (Covid-19) di sebuah laboratorium di San Diego, California, AS, 17 Maret 2020.

Reporter: SS. Kurniawan | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - SYDNEY. Badan sains nasional Australia menyatakan, pihaknya telah memulai tahap pertama pengujian vaksin potensial untuk Covid-19, bergabung dengan perlombaan global menghentikan pandemi virus corona baru.

Pengujian pra-klinis oleh Commonwealth Scientific and Industrial Research Organisation (CSIRO) terhadap musang dengan dua vaksin potensial tersebut sedang berlangsung di fasilitas keamanan biologi tingkat tinggi dekat Melbourne.

Direktur Kesehatan CSIRO Rob Grenfell mengatakan kepada Reuters, Kamis (2/4), pengujian fase pertama akan memakan waktu sekitar tiga bulan. Tapi, setiap vaksin yang kelak mereka produksi tidak akan tersedia untuk umum sebelum akhir tahun depan.

Baca Juga: WHO: Beberapa hari ke depan, jumlah kasus virus corona mencapai 1 juta

"Kami masih berpegang teguh pada 18 bulan untuk pengiriman vaksin kepada konsumen umum," kata Grenfell dari Melbourne dalam sebuah wawancara melalui Skype. "Sekarang, tentu saja, bisa berubah. Ada banyak tantangan teknis yang harus kami lalui".

Grenfell menyebutkan, para ilmuwan bekerja dalam kecepatan "luar biasa", mencapai tahap pengujian pra-klinis dalam delapan minggu, sebuah proses yang biasanya memakan waktu hingga dua tahun. "Jadi, ini adalah kecepatan yang sedang terjadi saat ini," sebutnya.

Lebih dari 850.000 orang telah terinfeksi virus corona di 207 negara dan wilayah, serta menewaskan lebih dari 42.000 orang. Australia telah melaporkan sekitar 5.200 kasus dan 24 kematian.

Baca Juga: Brasil laporkan kasus pertama penduduk pribumi terjangkit virus corona

Grenfell mengharapkan, uji coba manusia terhadap salah satu dari dua kandidat vaksin akan berlangsung akhir bulan ini atau awal bulan depan.

Menurut CSIRO, pengujiannya akan mencakup efikasi dan mengevaluasi cara terbaik untuk memberikan vaksin guna perlindungan yang lebih baik, termasuk injeksi intra-otot dan semprotan hidung.

CSIRO adalah organisasi penelitian pertama di luar China yang berhasil mengembangkan versi virus corona yang mereka lakukan di laboratorium untuk memungkinkan studi pra-klinis pada Covid-19.

Baca Juga: Wanita berusia 102 tahun jadi pasien virus corona tertua di Singapura



TERBARU

[X]
×