kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hong Kong dan Shenzhen Diguyur Hujan Paling Ekstrem Sepanjang Sejarah


Jumat, 08 September 2023 / 15:04 WIB
Hong Kong dan Shenzhen Diguyur Hujan Paling Ekstrem Sepanjang Sejarah
ILUSTRASI. Warga Hong Kong saat hujan


Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - HONG KONG. Pusat keuangan Asia, Hong Kong, diguyur hujan paling ekstrem sejak pencatatan dimulai 140 tahun yang lalu, menewaskan satu orang dan melukai 83 orang.

Video-video menunjukkan aliran air yang mengalir deras menuruni lereng-lereng bukit yang curam di bekas jajahan Inggris tersebut, membanjiri jalan-jalan sempit setinggi pinggang, serta menggenangi mal-mal, stasiun-stasiun metro, dan terowongan-terowongan.

Cuaca ekstrem juga menyebabkan kekacauan di kota Shenzhen, China, yang merupakan pusat teknologi dengan lebih dari 17,7 juta orang, dengan jaringan bisnis dan transportasi di Pearl River Delta.

"Saya belum pernah melihat pemandangan seperti ini sebelumnya. Bahkan saat topan sebelumnya, tidak pernah separah ini. Cukup menakutkan," kata asisten perawat Hong Kong, Connie Cheung, 65 tahun.

Hujan lebat tersebut dibawa oleh Haikui, topan yang menyapu di provinsi Fujian, China, pada hari Selasa (5/9).

Baca Juga: Hong Kong's Heaviest Rain in at Least 140 Years Floods City Streets, Metro

Meskipun topan ini melemah menjadi depresi tropis, awan yang bergerak lambat telah mencurahkan curah hujan dalam jumlah besar ke daerah-daerah yang masih basah kuyup akibat hujan dari topan super seminggu sebelumnya.

Biro cuaca Hong Kong mengeluarkan peringatan badai hujan "hitam" tertinggi, dan mengatakan bahwa lebih dari 200 mm (7,9 inci) hujan tercatat di pulau utama Hong Kong, distrik Kowloon, dan bagian timur laut kota New Territories sejak hari Kamis malam.

Pemimpin kota John Lee mengatakan, sangat prihatin dengan banjir parah di sebagian besar wilayahnya dan telah menginstruksikan semua departemen untuk merespons dengan "upaya habis-habisan".

Pihak berwenang Hong Kong menutup sekolah-sekolah pada hari Jumat dan meminta para pekerja untuk tinggal di rumah. Bursa saham kota ini juga ditutup.

Eric Chan, sekretaris administrasi, mengatakan bahwa jaringan transportasi kota "sangat terganggu" dan "situasi kondisi ekstrim" akan diperpanjang hingga tengah malam pada hari Jumat.

MTR Corp, yang mengoperasikan jaringan kereta api kota mengatakan, setidaknya satu jalur ditutup sementara jalur lainnya beroperasi dengan penundaan.

Satu klip video menunjukkan para pekerja metro yang mengarungi genangan air setinggi pinggang di sebuah stasiun.

Baca Juga: Badai Idalia Mengamuk, Perusahaan Ritel di Amerika Kompak Tutup Gerai

Beberapa jalan terendam sebagian, termasuk rute utama menuju pantai selatan kota. Sebuah mobil tertelan lubang selebar satu meter ketika salah satu bagian jalan runtuh, demikian gambar-gambar di media sosial.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×