kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Hong Kong siap guyur stimulus HK$ 4 miliar untuk dongkrak ekonomi


Rabu, 04 Desember 2019 / 20:18 WIB
Hong Kong siap guyur stimulus HK$ 4 miliar untuk dongkrak ekonomi
ILUSTRASI. Seorang perempuan melintas di sebuah jalan di kawasan bisnis Central, Hong Kong, 22 August 2019.

Reporter: SS. Kurniawan | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - HONG KONG. Pemerintah Hong Kong menjanjikan anggaran HK$ 4 miliar atau sekitar US$ 511 juta dalam langkah-langkah bantuan baru untuk meningkatkan perekonomian yang terpukul oleh protes berbulan-bulan, yang telah mengikis kepercayaan bisnis di pusat keuangan Asia itu.

Tambahan dana tersebut membuat stimulus yang Pemerintah Hong Kong gelontor menjadi HK$ 25 miliar (US$ 3,2 miliar), untuk memperbaiki perekonomian yang terhuyung-huyung dari penurunan tajam dalam penjualan ritel dan pariwisata.

Hampir enam bulan sudah protes anti-pemerintah berlangsung, yang terkadang berubah menjadi kekerasan, melanda Hong Kong.
Sekarang, Hong Kong sedang bergulat dengan resesi pertama dalam satu dekade dan memperdalam kekhawatiran investor internasional soal kemungkinan ekonomi tumbuh negatif.

Baca Juga: Pemimpin Hong Kong: UU AS bisa merusak kepercayaan bisnis di Hong Kong

"Selama penurunan ekonomi, mendukung pekerjaan adalah prioritas nomor satu pemerintah," kata Menteri Keuangan Paul Chan, Rabu (4/12), saat mengumumkan paket stimulus tersebut.

Chan mengatakan, langkah-langkah itu terutama bertujuan membantu usaha kecil dan menengah untuk melindungi pekerjaan. "Demonstrasi sudah merusak kepercayaan investor," tegasnya kepada wartawan.




TERBARU

Close [X]
×