kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hubungan AS dan China kian panas di Laut China Selatan, ini penyebabnya


Senin, 11 Mei 2020 / 06:05 WIB
Hubungan AS dan China kian panas di Laut China Selatan, ini penyebabnya


Sumber: South China Morning Post | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - HONG KONG. Amerika Serikat telah meningkatkan operasi militernya di perairan dekat China tahun ini karena risiko konfrontasi antara kedua negara terus meningkat.

Dilansir dari South China Morning Post, sejauh tahun ini pesawat dari angkatan bersenjata AS telah melakukan 39 penerbangan di atas Laut China Selatan, Laut China Timur, Laut Kuning, dan Selat Taiwan.

Baca Juga: China bantah 24 tuduhan Amerika Serikat soal penyebaran virus corona

Jumlah ini meningkat lebih dari tiga kali lipat dari jumlah yang dilakukan Amerika pada periode yang sama di tahun 2019.

Sementara itu, Angkatan Laut AS melakukan empat operasi navigasi bebas di Laut China Selatan dalam empat bulan pertama tahun ini, dibandingkan dengan hanya delapan aksi sepanjang tahun 2019.

Dengan operasi yang terbaru adalah pada 29 April, dengan kapal penjelajah berpeluru kendali rudal USS Bunker Hill berlayar melalui rantai Kepulauan Spratly. Pada hari Jumat, kapal tempur litoral USS Montgomery dan kapal kargo USNS Cesar Chavez juga dilaporkan beroperasi di Laut China Selatan.

“Pasukan kami terbang, berlayar, dan beroperasi di perairan internasional Laut China Selatan atas kebijakan kami dan sesuai dengan norma-norma kelautan dan hukum internasional, menunjukkan berbagai kemampuan angkatan laut yang kami miliki di Indo-Pasifik,” kata Fred Kacher Komandan Kelompok Serangan Ekspedisi 7.

Baca Juga: Kasus corona di Wuhan muncul lagi, pertama sejak awal bulan lalu

Sementara AS tidak memiliki klaim maritim baik di Laut China Timur atau Laut China Selatan, AS mempertahankan kehadiran militer yang kuat di wilayah tersebut untuk menunjukkan dukungannya kepada sekutu-sekutunya dan untuk melawan pembangunan fasilitas militer Cina dan sikap yang semakin agresif.

Menteri Pertahanan AS Mark Esper mengatakan dia ingin meningkatkan investasi militer di wilayah tersebut. "Ini adalah cara di mana Anda mempertahankan tingkat prediksi strategis untuk memastikan kesiapan pasukan Anda, tetapi mengumpulkan tingkat ketidakpastian operasional yang lebih tinggi," katanya.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×