kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.461.000   0   0,00%
  • USD/IDR 15.130   40,00   0,26%
  • IDX 7.697   -47,60   -0,61%
  • KOMPAS100 1.196   -13,16   -1,09%
  • LQ45 960   -10,60   -1,09%
  • ISSI 231   -1,75   -0,75%
  • IDX30 493   -3,97   -0,80%
  • IDXHIDIV20 592   -5,69   -0,95%
  • IDX80 136   -1,30   -0,95%
  • IDXV30 143   0,32   0,23%
  • IDXQ30 164   -1,28   -0,77%

Hubungan Makin Panas, Korea Selatan Tangguhkan Perjanjian Militer dengan Korea Utara


Rabu, 05 Juni 2024 / 06:05 WIB
Hubungan Makin Panas, Korea Selatan Tangguhkan Perjanjian Militer dengan Korea Utara
ILUSTRASI. Korea Selatan berencana untuk menangguhkan perjanjian militer yang ditandatangani dengan Korea Utara pada tahun 2018 REUTERS/Carlos Barria


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Korea Selatan berencana untuk menangguhkan perjanjian militer yang ditandatangani dengan Korea Utara pada tahun 2018 yang bertujuan untuk meredakan ketegangan.

Pernyataan tersebut dikeluarkan secara resmi oleh kantor kepresidenan Korea Selatan pada hari Senin (3/6/2024). 

Sebelumnya, Seoul memperingatkan akan adanya tanggapan keras terhadap balon yang diluncurkan oleh Pyongyang yang membawa sampah ke Selatan.

Melansir Reuters, Korea Utara telah melepaskan ratusan balon yang dibawa oleh angin melintasi perbatasan yang menjatuhkan sampah ke seluruh Korea Selatan. 

Korea Selatan menyebutnya sebagai sebuah provokasi. Mereka menolak klaim Pyongyang bahwa hal itu dilakukan untuk merepotkan negara tetangganya.

Dewan Keamanan Nasional Korea Selatan mengatakan mereka akan membahas rencana penangguhan keseluruhan perjanjian militer untuk mendapat persetujuan kabinet pada pertemuan hari Selasa.

Baca Juga: Korea Selatan Protes, Korea Utara Setop Sementara Pengiriman Balon Isi Sampah

"Penundaan perjanjian tersebut akan membuka jalan bagi Korea Selatan untuk melakukan pelatihan di dekat perbatasan militer dan mengambil langkah-langkah yang cukup dan segera dalam menanggapi provokasi Korea Utara," kata Dewan Keamanan dalam sebuah pernyataan.

Namun mereka tidak merinci tindakan apa yang mungkin diambil.

Perjanjian tersebut, yang merupakan kesepakatan paling substantif yang dihasilkan dari pertemuan puncak bersejarah antara kedua Korea pada tahun 2018, telah dibatalkan ketika Pyongyang menyatakan tahun lalu bahwa pihaknya tidak lagi terikat oleh perjanjian tersebut.

Sejak itu, Korea Utara mengerahkan pasukan dan senjata di pos penjagaan dekat perbatasan militer.

"Dengan terus mematuhi pakta tersebut, ada banyak masalah dalam postur kesiapan militer kita,” kata Dewan Keamanan.

Baca Juga: Inilah Isi Balon Sampah yang Diterbangkan dari Korea Utara Ke Korsel

Korea Selatan sebelumnya mengatakan bahwa mereka akan mengambil tindakan yang keras terhadap Korea Utara karena mengirimkan balon sampah melintasi perbatasan. Langkah ini dapat mencakup propaganda yang menggelegar dari pengeras suara yang ditempatkan di perbatasan yang ditujukan ke Korea Utara.

Sementara, Korea Utara mengatakan bahwa balon-balon tersebut merupakan pembalasan atas kampanye propaganda yang dilakukan oleh para pembelot Korea Utara dan aktivis di Korea Selatan, yang secara teratur mengirimkan balon melintasi perbatasan berisi selebaran anti-Pyongyang berisi makanan, obat-obatan, uang, dan stik USB yang berisi video musik dan drama K-pop. 

Menurut para ahli, Korea Utara bereaksi dengan marah terhadap kampanye tersebut karena khawatir mengenai dampak potensial dari materi tersebut terhadap psikologi orang-orang yang membaca atau mendengarkannya dan terhadap kendali negara terhadap masyarakat.




TERBARU
Kontan Academy
Sales Mastery [Mau Omzet Anda Naik? Ikuti Ini!] Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×