kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45806,19   -5,40   -0.67%
  • EMAS1.055.000 -0,94%
  • RD.SAHAM -0.34%
  • RD.CAMPURAN -0.11%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.02%

Imbangi kekuatan AS di Pasifik, China bangun dua kapal induk canggih baru


Sabtu, 18 Juli 2020 / 07:28 WIB
Imbangi kekuatan AS di Pasifik, China bangun dua kapal induk canggih baru
ILUSTRASI. Kapal induk China, Liaoning. China dikabarkan sedang membangun dua kapal induk baru untuk menyaingi kekuatan Amerika Serikat. REUTERS/Stringer ATTENTION EDITORS - THIS IMAGE WAS PROVIDED BY A THIRD PARTY. CHINA OUT.

Sumber: South China Morning Post | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - HONG KONG. China diperkirakan akan meluncurkan kapal induk generasi berikutnya dalam waktu satu tahun. Selain itu pembangunan kapal raksasa baru juga telah dipercepat.

Dua orang sumber South China Morning Post menyebut kapal induk Tipe 002 yang merupakan kapal induk kedua dan ketiga yang dikembangkan di dalam negeri oleh China telah memulai proses perakitan terakhir.

Baca Juga: Peretas Rusia dituding mencuri data vaksin Covid-19 milik Inggris, AS dan Kanada

"Perakitan kapal induk baru telah dimulai dan diharapkan akan selesai pada paruh pertama tahun depan, karena pandemi Covid-19 memperlambat kemajuan," kata sumber pertama.

"Pekerja juga memulai peletakan lunas untuk kapal induk lainnya. Kedua kapal dibangun oleh Galangan Kapal Jiangnan di luar Shanghai,” lanjut dia.

Sementara sumber kedua mengatakan pekerjaan konstruksi awal untuk kapal induk Tipe 002 telah dimulai pada 2018, tetapi dihentikan tahun lalu karena alasan teknis.

"Konstruksi untuk Tipe 002 kedua akan lebih cepat daripada yang pertama karena pekerja telah belajar dan mengatasi banyak masalah saat membangun yang pertama," kata sumber kedua. 

Baca Juga: Hampir 100 juta warga China terancam tak bisa masuk ke Amerika, Beijing: Konyol!

"Ini pekerjaan yang menantang karena Type 002 adalah kapal induk pertama yang dirancang di dalam negeri," imbuhnya.

Foto-foto terbaru beredar di platform media sosial China menunjukkan dua bagian besar struktur kapal induk tengah berlabuh di dok kering dan dirakit dari komponen kapal prefabrikasi. Ada dek penerbangan tidak lengkap di atas mereka. 



TERBARU

[X]
×