kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45950,15   -24,18   -2.48%
  • EMAS989.000 -0,20%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

India ke China: Hubungan hanya akan berkembang jika tarik pasukan dari perbatasan


Sabtu, 18 September 2021 / 09:03 WIB
India ke China: Hubungan hanya akan berkembang jika tarik pasukan dari perbatasan
ILUSTRASI. Sebuah papan nama terlihat dari sisi India perbatasan India-China di Bumla, Negara Bagian Arunachal Pradesh, India, 11 November 2009. REUTERS/Adnan Abidi.


Sumber: Reuters | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - NEW DELHI. India mengatakan kepada China, hubungan bilateral mereka hanya akan berkembang ketika kedua negara menarik pasukan kembali dari daerah konfrontasi di perbatasan Himalaya yang disengketakan.

Menteri Luar Negeri India Subrahmanyam Jaishankar membahas kemungkinan kedua belah pihak menarik diri dari pertemuan tingkat tinggi, ketika ia bertemu dengan Menteri Luar Negeri China Wang Yi pada Kamis (16/9).

"Diskusi penarikan di daerah perbatasan kami. Menggarisbawahi bahwa kemajuan dalam hal ini sangat penting untuk pemulihan perdamaian dan ketenangan, yang merupakan dasar untuk pengembangan hubungan bilateral," kata Jaishankar di Twitter, Jumat (17/9), seperti dikutip Twitter.

Ribuan tentara India dan China telah terkunci dalam konfrontasi di Himalaya Barat sejak tahun lalu, ketika permusuhan atas sengketa perbatasan puluhan tahun meledak.

Baca Juga: India mengerahkan kapal perang di Laut Cina Selatan

Pada Juni tahun lalu, ketegangan meletus menjadi pertempuran tangan kosong yang mengakibatkan kematian di kedua belah pihak, yang pertama di antara India dan China dalam beberapa dekade terakhir.

Setelah beberapa putaran pembicaraan antara komandan mereka, pasukan mereka telah melangkah mundur di beberapa bagian perbatasan, termasuk Danau Pangong Tso, daerah yang diperebutkan di dekat lokasi bentrokan tahun lalu.

Tetapi, pasukan yang didukung oleh artileri tetap ada dalam jarak dekat di sektor-sektor lain.

"China selalu menangani masalah perbatasan China-India dengan baik dan dengan sikap positif," kata Wang. "(Kedua belah pihak harus) bekerjasama untuk menjaga perdamaian dan ketenangan di daerah perbatasan, dan menghentikan insiden perbatasan berulang".

Baca Juga: Xi Jinping sambangi Tibet, kunjungan pertama sebagai Presiden China




TERBARU
Kontan Academy
Financial Modeling & Corporate Valuation Fundamental Supply Chain Planner Development Program (SCPDP)

[X]
×