kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini alasan mengapa dokter tidak yakin kondisi Trump sudah membaik dari Covid-19


Kamis, 08 Oktober 2020 / 10:15 WIB
Ini alasan mengapa dokter tidak yakin kondisi Trump sudah membaik dari Covid-19
ILUSTRASI. Kurang dari sebulan menuju Hari Pemilihan, Trump menunjukkan dirinya kuat dan tidak terpengaruh oleh virus corona. REUTERS/Joshua Roberts


Sumber: New York Times | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Berdiri di tangga Walter Reed National Military Medical Center pada hari Senin, dengan barisan dokter berjubah putih di belakangnya, dokter Gedung Putih, Dr. Sean Conley, menandai tanda-tanda vital Presiden AS Donald Trump yang menggembirakan. Tidak demam, tekanan darah hanya meningkat sedikit, dan tingkat oksigen darah dalam kisaran yang sehat.

"Dia sudah kembali," kata Conley dalam konferensi pers seperti yang dilansir The New York Times.

Tetapi ketika wartawan menanyakan kepadanya tentang hasil rontgen dada dan pemindaian paru-paru Trump - tolak ukur penting tentang seberapa parah presiden sakit akibat Covid-19 - Conley menolak menjawab. Dia mengutip undang-undang federal yang membatasi apa yang dapat dibagikan dokter tentang pasien.

The New York Times memberitakan, tanpa data penting tentang fungsi paru-parunya, para ahli medis Covid-19 dan penyakit paru-paru mengatakan mereka berjuang untuk mengumpulkan gambaran akurat tentang bagaimana nasib Trump. Mereka mencatat bahwa sementara sebagian besar pasien dengan virus sembuh, terlalu dini untuk menyatakan kemenangan atas virus yang tidak dapat diprediksi dan kurang dipahami yang telah menewaskan lebih dari 210.000 orang di Amerika Serikat.

Baca Juga: Donald Trump bebas gejala Covid-19 dalam 24 jam terakhir

Kurang dari sebulan menuju Hari Pemilihan, Trump menunjukkan dirinya kuat dan tidak terpengaruh oleh virus corona, dan tampaknya telah menginstruksikan dokternya untuk menghindari pengungkapan detail kesehatan yang mungkin menusuk citranya tentang kekebalan.

Conley mengatakan pada hari Selasa bahwa Trump tidak mengalami gejala penyakit dan dalam keadaan "sangat baik," meskipun dia sendiri memperingatkan pada hari Senin bahwa presiden belum "keluar dari masalah" dan bahwa semua akan menarik napas lega jika dia masih merasa sehat pada Senin depan.

Baca Juga: Facebook menghapus postingan Trump terkait Covid-19

Jauh dari berhasil mengalahkan Covid-19, menurut dokter spesialis dari Fakultas Kedokteran UCSF, Trump kemungkinan besar masih berjuang dengan virus mematikan itu dan memasuki fase penting - tujuh hingga 10 hari setelah timbulnya gejala - di mana ia dapat dengan cepat berubah menjadi lebih buruk. 




TERBARU

[X]
×