kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Ini daftar negara yang sudah mengonfirmasi kasus virus corona baru


Senin, 27 Januari 2020 / 14:17 WIB
Ini daftar negara yang sudah mengonfirmasi kasus virus corona baru
ILUSTRASI. Perawatan pasien yang terkena virus corona jenis baru di rumah sakit Wuhan, China.

Sumber: Al Jazeera | Editor: Komarul Hidayat

KONTAN.CO.ID -  BEIJING. Virus corona baru telah menyebar di seluruh dunia. Virus corona menyebar ke negara lain sejak merebak dari sumbernya di pasar makanan laut di pusat kota Wuhan, China.

Di China, berita terbaru menyebut setidaknya 80 orang telah meninggal dengan 1.975 kasus terinfeksi virus corona yang tercatat. China meningkatkan responsnya terhadap wabah ini dengan membatasi pergerakan dan menutup lokasi wisata di kota-kota di China.

Kasus-kasus juga telah dikonfirmasi di Eropa, Amerika Utara dan beberapa negara Asia, memicu kekhawatiran akan pandemi global selama Tahun Baru Imlek, musim perjalanan puncak di China.

Baca Juga: Cegah penyebaran virus corona, Mongolia liburkan universitas dan tutup perbatasan

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengakui bahwa penyakit pernafasan merupakan keadaan darurat di China tetapi terlalu dini untuk menyatakannya sebagai darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional.

Berikut adalah negara-negara yang sejauh ini mengkonfirmasi kasus virus corona baru yang dsarikan dari Al Jazeera:

1. Australia

Australia pada 25 Januari mengonfirmasi kasus pertama virus corona dari seorang pria yang tiba di Melbourne dari China seminggu sebelumnya.

Pihak berwenang mengatakan mereka menghubungi orang-orang yang bepergian dengan pesawat sama dari Tiongkok dan menawarkan saran.

Kemudian pada hari itu, pihak berwenang Australia menyebut tiga pria di Sydney yang baru saja tiba dari China telah dinyatakan positif mengidap virus corona dan berada dalam isolasi di rumah sakit setempat.

Baca Juga: Perdana Menteri China tiba di Wuhan pimpin pemberantasan virus corona




TERBARU

Close [X]
×