kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini dia obat yang berpotensi jadi obat virus corona


Selasa, 01 Desember 2020 / 19:20 WIB
Ini dia obat yang berpotensi jadi obat virus corona


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Studi terkait virus corona terus dilakukan oleh para peneliti. Tak hanya berusaha mencari vaksin, para peneliti juga menguji obat-obat yang sudah beredar di pasaran yang berpotensi membantu pasien Covid-19 pulih dari infeksi virus yang menyerang.

Salah satu penelitian terbaru menunjukkan, obat bernama colchicine berpotensi menyembuhkan pasien terinfeksi virus corona. Colchicine adalah obat antiinflamasi. Harapannya, obat tersebut mampu mengurangi respons imun pasien Covid-19 yang buruk.

Mengutip dari bgr.com, colchicine akan diuji coba acak dalam skala besar. Obat tersebut akan diberikan pada minimal 2.500 pasien yang dirawat di rumahsakit.

Peter Horby, profesor di Universitas Oxford, Inggris, mengatakan, jika penelitian berhasil, colchicine bisa langsung dipakai untuk mengobati Covid-19.

Colchicine biasanya digunakan untuk mengatasi penyakit asam urat dan jenis penyakit yang menyebabkan inflamasi lainnya. Dengan menguji colchicine sebagai obat Covid-19, para peneliti berharap, jenis obat itu mampu mengatasi konsekuensi terburuk dari infeksi virus corona.

Baca Juga: Apa yang dimaksud dengan izin peredaran darurat untuk vaksin virus corona?

Baca Juga: Waspada! Virus corona paling menular dalam 5 hari pertama gejala muncul

Para peneliti berencana untuk memakai satu dosis obat yang terdiri dari 1.000 mikrogram colchicine. Kemudian, dosis ditambah sebanyak 500 mikrogram setiap 12 jam hingga 10 hari atau sampai pasien tak lagi dirawat di rumahsakit.

Setelah itu, para peneliti akan menghitung tingkat kematian pada hari ke-28. Tak hanya itu, para peneliti juga akan menganalisis kebutuhan pasien akan perawatan rumahsakit dan ventilator. Penelitian tersebut membutuhkan waktu selama beberapa bulan sampai hasilnya bisa ditemukan.

Anda bisa mendapat colchicine dengan harga US$ 124 untuk 30 kapsul. Menurut bgr.com, harga tersebut lebih murah dari remdesivir, salah satu obat yang sempat digunakan untuk mengobati infeksi virus corona.

Meski infeksi virus corona bisa disembuhkan, Anda tetap harus menjaga diri agar tak terkena Covid-19. Usahakan untuk selalu menjaga jarak dengan orang lain, memakai masker dengan cara yang benar, dan mencuci tangan memakai sabun dan air mengalir.

Selanjutnya: Jokowi: Vaksinasi Covid-19 ditargetkan paling lambat Januari 2021




TERBARU

[X]
×