kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Intergasi Deutsche Bank dan Postbank berimbas PHK


Jumat, 22 Desember 2017 / 06:10 WIB
Intergasi Deutsche Bank dan Postbank berimbas PHK


Reporter: Nina Dwiantika | Editor: Dessy Rosalina

KONTAN.CO.ID - FRANKFURT. Perbankan global masih melakukan konsolidasi di tengah perlambatan ekonomi. Salah satunya, Deutsche Bank AG berencana untuk melakukan integrasi dengan anak usaha Deutsche Postbank AG sebagai langkah efisiensi.

Intergasi Deutsche Bank dengan Postbank ini akan membawa dampak buruk bagi para pekerja. Setidaknya, Deutsche Bank akan mengurangi 1.000 karyawan dari integrasi ini. Pemangkasan karyawan ini berasal dari 250 di Deutsche Bank dan 750 di Postbank.

Mengutip laporan Reuters (21/12), Deutsche Bank akan mengurangi karyawan dengan dua skema. Yakni, sebagian karyawan akan dipaksa untuk melakukan pensiun dini, dan sisanya karyawan akan di PHK dengan imbalan uang pesangon.

Deutsche Bank memberikan waktu kepada karyawan hingga Oktober 2018 untuk memutuskan kebijakan perusahaan tersebut. Menurut surat kabar Jerman Handelsblatt (20/12), Deutsche Bank ingin sekitar dua pertiga karyawan secara sukarela melakukan pensiun dini, dan sepertiga karyawan terpaksa menerima PHK.

"Program sukarela ini harus membantu meningkatkan sinergi biaya," kata seorang Juru Bicara Deutsche Bank. Bagi bank asal Jerman ini, tawaran pensiun dini dan PHK kepada karyawan tidak murah, karena bank harus mengeluarkan biaya besar.

Kendati demikian, Deutsche Bank mengharapkan dapat mewujudkan penghematan dana sebesar 900 juta euro atau setara dengan US$ 1,07 miliar per tahun mulai tahun 2022.

Tak hanya pengurangan karyawan, Deutsche Bank juga melakukan efisiensi melalui pembatasan pendirian infrastruktur.

Saat ini, Deutsche Bank dan Postbank secara bersama-sama mempekerjakan sekitar 31.000 orang. Adapun, penggabungan kedua bank tersebut akan memberikan dampak pada bisnis di wilayah Bonn dan Frankfurt.

Ke depan, integrasi Postbank ke Deutsche Bank akan menciptakan raksasa baru pada bisnis klien swasta dan korporasi. Kedua bank akan mendapatkan sekitar 20 juta pelanggan dan aset pelanggan sebesar 325 miliar euro.

Jika tidak ada aral melintang, Deutsche Bank dan Postbank akan digabungkan menjadi badan hukum pada pertengahan tahun 2018.




TERBARU

[X]
×