kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Invasi Militer Rusia Terhadap Ukraina Picu Krisis Pangan Dunia


Minggu, 29 Mei 2022 / 13:43 WIB
Invasi Militer Rusia Terhadap Ukraina Picu Krisis Pangan Dunia
ILUSTRASI. Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Invasi Militer Rusia Terhadap Ukraina Picu Krisis Pangan Dunia .


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Presiden Ukraina Volodymyr Oleksandrovych Zelenskyy mengingatkan dunia bahwa krisis pangan di sejumlah wilayah akan semakin nyata karena pasokan gandum Ukraina tertahan blokade yang dilancarkan Rusia.

“Pertempuran ini membawa krisis negara saya Ukraina. Negara saya mengekspor puluhan ton gandum setiap tahun. Karena adanya peperangan ini dan Rusia telah memotong akses di Laut Hitam dan menduduki bagian dari wilayah kami menyebabkan rute perdagangan tradisional terblokir,” tuturnya kegiatan diskusi Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) yang dihelat Jumat (27/5) seperti dirilis kedubes Ukraina di Jakarta. 

Hingga Maret 2022, lebih 300 kapal telah dilarang meninggalkan Laut Hitam oleh pasukan Rusia. Kapal-kapal berbendera asing tersebut mengangkut panen gandum Ukraina yang dalam setahun mampu menghasilkan sekitar 20 hingga 25 juta ton gandum per tahun.

Baca Juga: Zelensky Sebut Ada Kota di Ukraina yang Bernasib Lebih Buruk dari Bucha

Mantan Wakil Menteri Luar Negeri Indonesia, Dino Patti Djalal, bertindak selaku tuan rumah (host) kegiatan yang dihadiri sejumlah tokoh a.l Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Dyah Roro Esti Widya Putri adalah anggota Komisi VII DPR RI Fraksi Partai Golkar. 

Dia mengingatkan Ukraina adalah salah satu menjadi pemasok gandum dan jagung bagi dunia. Sedikitnya Ukraina menyumbang 12% dari total ekspor gandum dunia sementara dalam hal pasokan jagung, Ukraina menyumbangkan 16% ekspor jagung dunia.

Sebelumnya, negara-negara anggota G7 yang terdiri dari Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Inggris, dan Amerika Serikat memperingatkan jika perang di Ukraina telah memicu krisis pangan dan energi global yang mengancam negara-negara miskin. 

Pertemuan para diplomat top G7 di Jerman pada Sabtu (14/5) menyatakan bahwa agresi sepihak Rusia terhadap Ukraina telah menjadi krisis global. Sedikitnya 50 juta orang, khususnya di Afrika dan Timur Tengah, akan menghadapi kelaparan dalam beberapa bulan mendatang.

Baca Juga: Invasi Militer Rusia ke Ukraina Semakin Kejam, Mall Dihancurkan, Warga Sipil Ditembak

Hal ini dapat dihindari jika ditemukan cara untuk melepaskan gandum Ukraina yang menyumbang bagian yang cukup besar dari pasokan dunia. Kondisi ini diperberat dengan keputusan India untuk menahan ekspor gandum mereka.

Dampak krisis gandum tidak saja menimpa negara-negara Afrika dan Timur Tengah, mengutip Badan Pusat Statistik (BPS) hingga tahun lalu Indonesia mengimpor sedikitnya 2,8 juta ton gandum senilai 843,6 juta dollar AS. Perang berkepanjangan di Ukraina akan memberikan dampak langsung bagi harga komoditas tersebut.

“Kita tidak dapat mengirimkan produk tersebut ke pasar internasional yang sangat dibutuhkan dunia. Krisis ini telah terjadi untuk gandum dan pangan, dan ini merupakan suatu bencana. Beberapa negara importir sudah harus membuat keputusan untuk memotong ekspor produk pertanian untuk melindungi konsumsi dalam negeri dari krisis,” tutur Presiden Zelenskyy. 

Dalam perhitungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), lanjutnya, krisis di Ukraina yang berkepanjangan akan membuat lebih banyak lagi orang menderita karena kelaparan, dan ini merupakan keprihatinan bagi kita. Ini juga akan menimbulkan kekacauan politik dan kehancuran kehidupan sosial.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×