kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Iran luncurkan satelit militer, Pentagon: Kami akan pastikan mereka tak bisa ancam AS


Kamis, 23 April 2020 / 05:05 WIB
Iran luncurkan satelit militer, Pentagon: Kami akan pastikan mereka tak bisa ancam AS
ILUSTRASI. Ilustrasi rudal Iran. President.ir/Handout via REUTERS


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - DUBAI/WASHINGTON. Iran mengatakan pada hari Rabu (22/4/2020) bahwa pihaknya berhasil meluncurkan satelit militer pertama negara itu ke orbit. Langkah tersebut memicu aksi protes keras dari Amerika Serikat dan memicu ketegangan yang sudah tinggi atas program nuklir dan rudal Teheran.

Korps Pengawal Revolusi Iran mengatakan satelit "Noor", atau "Cahaya", mengorbit 425 km (264 mil) di atas permukaan bumi.

Pentagon menolak untuk mengkonfirmasi apakah Noor berada di orbit dan sedang beroperasi, dengan mengatakan akan membutuhkan waktu untuk membuat penilaian seperti itu. Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengutuk peluncuran tersebut.

Baca Juga: Trump perintahkan Angkatan Laut AS tembak kapal perang Iran jika...

Melansir Reuters, aksi meletakkan satelit di ruang angkasa akan menjadi kemajuan besar bagi militer Iran setelah upaya peluncuran berulang yang gagal dalam beberapa bulan terakhir.

Korps Pengawal Iran mengatakan menggunakan pembawa Qased, atau "Messenger", untuk meluncurkan Noor.

"Peluncur satelit Qased tiga tahap menggunakan kombinasi bahan bakar padat dan cair," katanya.

Baca Juga: Iran meluncurkan satelit militer pertamanya, saat ini sudah berada di orbit

Militer AS mengatakan teknologi balistik jarak jauh yang sama yang digunakan untuk menempatkan satelit ke orbit juga dapat memungkinkan Teheran meluncurkan senjata jarak jauh, mungkin suatu hari nanti termasuk hulu ledak nuklir.

"Ini berjalan sangat jauh ... yang berarti, mereka memiliki kemampuan, sekali lagi, untuk mengancam tetangga mereka, sekutu kami, dan kami ingin memastikan bahwa mereka tidak pernah dapat mengancam Amerika Serikat," Jenderal Angkatan Udara AS John Hyten , wakil ketua Gabungan Kepala Staf, mengatakan kepada pengarahan Pentagon.

Teheran menyangkal pernyataan AS bahwa kegiatan semacam itu adalah kedok untuk pengembangan rudal balistik dan mengatakan tidak pernah mengejar pengembangan senjata nuklir.

Baca Juga: Iran pamer drone yang dapat mencapai Israel, ancaman meningkat

Sebuah resolusi AS pada tahun 2015 “menyerukan” Iran untuk menahan diri hingga delapan tahun dari pengerjaan rudal balistik yang dirancang untuk mengirimkan senjata nuklir menyusul kesepakatan dengan enam negara kekuatan dunia. Beberapa negara mengatakan hal itu tidak membuatnya menjadi wajib.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×