kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Isolasi Politik dan Ekonomi Rusia Semakin Dalam Saat Ukraina Menolak Invasi


Senin, 28 Februari 2022 / 11:50 WIB
Isolasi Politik dan Ekonomi Rusia Semakin Dalam Saat Ukraina Menolak Invasi
ILUSTRASI. Konflik Ukraina Rusia. REUTERS/Maksim Levin


Sumber: Reuters | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - KYIV/MOSCOW. Isolasi politik dan ekonomi Rusia semakin dalam pada Senin ketika pasukannya menghadapi perlawanan keras di ibu kota Ukraina dan kota-kota lain dalam serangan terbesar terhadap negara Eropa sejak Perang Dunia Kedua.

Presiden Vladimir Putin menempatkan penangkal nuklir Rusia dalam siaga tinggi pada hari Minggu untuk menghadapi rentetan pembalasan yang dipimpin Barat atas perangnya di Ukraina, yang mengatakan telah menggagalkan upaya pasukan darat Rusia untuk merebut pusat-pusat kota.

Ledakan terdengar sebelum fajar pada hari Senin di ibu kota Kyiv, memecah keheningan selama beberapa jam, dan di kota besar Kharkiv, kata Layanan Komunikasi Khusus dan Perlindungan Informasi Negara Ukraina.

Ukraina mengatakan negosiasi dengan Moskow tanpa prasyarat akan diadakan di perbatasan Belarusia-Ukraina. Kantor berita Rusia Tass mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya mengatakan pembicaraan akan dimulai pada Senin pagi.

Baca Juga: Ukraina Kumpulkan Donasi Kripto Rp 143,92 Miliar

Presiden AS Joe Biden akan mengadakan panggilan telepon dengan sekutu dan mitra pada hari Senin untuk mengoordinasikan tanggapan bersama, kata Gedung Putih.

Amerika Serikat mengatakan Putin meningkatkan perang dengan "retorika berbahaya" tentang postur nuklir Rusia, di tengah tanda-tanda pasukan Rusia bersiap untuk mengepung kota-kota besar di negara demokratis berpenduduk sekitar 44 juta orang itu.

Saat rudal menghujani, hampir 400.000 warga sipil, terutama wanita dan anak-anak, telah melarikan diri ke negara-negara tetangga, kata sebuah badan bantuan PBB.

Seorang pejabat senior pertahanan AS mengatakan Rusia telah menembakkan lebih dari 350 rudal ke sasaran Ukraina sejauh ini, beberapa mengenai infrastruktur sipil.

"Tampaknya mereka mengadopsi mentalitas pengepungan, yang akan diberitahukan oleh setiap siswa taktik dan strategi militer kepada Anda, ketika Anda mengadopsi taktik pengepungan, itu meningkatkan kemungkinan kerusakan tambahan," kata pejabat itu, yang berbicara tanpa menyebut nama.

Dia mengutip serangan Rusia di kota Chernihiv, utara Kyiv, di mana pihak berwenang Ukraina mengatakan sebuah bangunan perumahan terbakar setelah terkena rudal pada Senin pagi. Rudal juga menghantam kota utara lainnya, Zhytomyr, kata komando Angkatan Darat Ukraina.

Baca Juga: Akibat Invasi Rusia, Harga Minyak Melonjak

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mengatakan kepada Perdana Menteri Inggris Boris Johnson melalui telepon pada hari Minggu bahwa 24 jam ke depan akan sangat penting bagi Ukraina, kata juru bicara Downing Street.

Sejauh ini, serangan Rusia tidak dapat mengklaim kemenangan besar. Rusia belum mengambil kota Ukraina, tidak mengontrol wilayah udara Ukraina, dan pasukannya tetap sekitar 30 km (19 mil) dari pusat kota Kyiv untuk hari kedua, kata pejabat itu.

Rusia menyebut tindakannya di Ukraina sebagai "operasi khusus" yang dikatakan tidak dirancang untuk menduduki wilayah tetapi untuk menghancurkan kemampuan militer tetangga selatannya dan menangkap apa yang dianggapnya sebagai nasionalis berbahaya.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×