kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.440.000   -4.000   -0,28%
  • USD/IDR 15.339   1,00   0,01%
  • IDX 7.829   -2,64   -0,03%
  • KOMPAS100 1.196   2,88   0,24%
  • LQ45 970   3,33   0,34%
  • ISSI 228   0,02   0,01%
  • IDX30 495   1,66   0,34%
  • IDXHIDIV20 597   3,35   0,56%
  • IDX80 136   0,44   0,33%
  • IDXV30 140   0,56   0,40%
  • IDXQ30 166   1,10   0,67%

J.D. Vance, Dulu Pengkritik Keras Trump Sekarang Malah Jadi Pasangan di Pemilu AS


Rabu, 17 Juli 2024 / 10:35 WIB
J.D. Vance, Dulu Pengkritik Keras Trump Sekarang Malah Jadi Pasangan di Pemilu AS
ILUSTRASI. Menjelang pemilihan presiden 2016, J.D. Vance adalah seorang pengkritik tajam Donald Trump.. REUTERS/Andrew Kelly


Sumber: Reuters | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - MILWAUKEE. Delapan tahun yang lalu, menjelang pemilihan presiden 2016, J.D. Vance adalah seorang pengkritik tajam Donald Trump.

Dia terang-terangan menyebut calon presiden dari Partai Republik itu sebagai "idiot" dan menganggap Trump sebagai sosok yang tercela.

Namun, pada hari Senin lalu, ketika mantan presiden itu mengumumkan Vance sebagai calon wakil presidennya, pria asal Ohio ini telah berubah menjadi salah satu pendukung paling setia Trump, berada di sisinya meskipun banyak anggota Partai Republik lainnya menolak mendukungnya. 

Transformasi James David Vance, dari seorang yang menyatakan dirinya tidak akan pernah sejalan dengan Trump namun kini menjadi pendukung teguh, membuatnya menjadi sosok yang relatif tidak biasa di dalam lingkaran dekat Trump.

Baca Juga: Trump Tampil dengan Telinga Diperban di Konvensi Partai Republik

Partai Demokrat dan bahkan beberapa anggota Partai Republik mempertanyakan apakah Vance, yang dikenal karena memoarnya yang sukses Hillbilly Elegy dan sekarang menjabat sebagai senator AS dari Ohio, lebih dipengaruhi oleh oportunisme daripada ideologi. 

Namun, Trump dan banyak penasihatnya melihat perubahan pandangan Vance sebagai hal yang wajar.

Mereka menunjukkan bahwa keyakinan politik Vance yang mencampur isolasionisme dengan populisme ekonomi sejalan dengan pandangan Trump, dan membuat keduanya berseberangan dengan elit Partai Republik yang lebih condong pada kebijakan luar negeri dan pasar bebas. 

Senator Partai Republik John Barrasso dari Wyoming, yang menjadi mentor Vance, mengatakan kepada Reuters bahwa perubahan sikap Vance terhadap Trump karena ia melihat keberhasilan yang dibawa Presiden Trump bagi negara ini.

Secara khusus, sikap Vance yang menentang bantuan AS kepada Ukraina dalam konflik dengan Rusia telah menyenangkan sekutu-sekutu konservatif Trump, meskipun hal ini menimbulkan kekecewaan di antara beberapa rekan senator.

"Ia memahami apa yang dilakukan Trump dan, tidak seperti anggota Partai Republik lainnya di Washington, ia menyetujuinya," ujar komentator konservatif Tucker Carlson, seorang pendukung Vance yang vokal, kepada Reuters. 

Vance, yang berusia 39 tahun, lahir dalam keluarga miskin di Ohio bagian selatan. Pilihannya dapat membantu meningkatkan legitimasi kampanye Trump di Rust Belt dalam kontes yang mungkin akan ditentukan oleh pemilih di beberapa negara bagian yang menjadi medan pertempuran, termasuk Pennsylvania dan Michigan, meskipun pandangannya yang konservatif mungkin menghalangi para pemilih moderat.

"Jika dia bisa melakukan apa pun untuk mendapatkan nominasi ini, itu akan merebut kembali mimpi Amerika," kata David Niven, seorang profesor politik di University of Cincinnati yang pernah menjadi penulis pidato untuk dua gubernur dari Partai Demokrat, merujuk pada kemajuan Vance dari kemiskinan menjadi senator dan calon wakil presiden AS. 

Setelah berdinas di Korps Marinir, kuliah di Yale Law School, dan bekerja sebagai modal ventura di San Francisco, Vance menjadi terkenal secara nasional berkat bukunya "Hillbilly Elegy" pada tahun 2016. 

Dalam memoarnya, ia mengeksplorasi tantangan sosial-ekonomi di kampung halamannya dan berupaya menjelaskan popularitas Trump di kalangan warga kulit putih Amerika yang miskin kepada para pembaca. Dia mengkritik Trump secara tajam, baik secara publik maupun pribadi, pada tahun 2016 dan awal masa jabatannya dari 2017 hingga 2021.

"Saya bergumul dengan pandangan bahwa Trump adalah brengsek sinis seperti Nixon yang mungkin tidak terlalu jahat (bahkan mungkin berguna) atau bahwa dia adalah Hitler-nya Amerika," tulisnya secara pribadi kepada seorang kolega di Facebook pada tahun 2016. 

Baca Juga: Harga Bitcoin Terkerek Sentimen Penembakan Donald Trump

Ketika komentarnya tentang Hitler dilaporkan pertama kali pada tahun 2022, juru bicara Vance tidak membantahnya tetapi menyatakan bahwa komentar tersebut tidak lagi mencerminkan pandangannya saat ini.

Ketika Vance mencalonkan diri sebagai senator pada tahun 2022, dukungan yang ia berikan kepada Trump termasuk mengabaikan serangan 6 Januari 2021 di Capitol oleh para pendukung Trump cukup untuk mendapatkan dukungan dari mantan presiden itu sendiri. 

Dukungan Trump membantu memposisikannya di puncak pemilihan pendahuluan yang kompetitif. Dalam wawancara dengan media, Vance mengatakan bahwa tidak ada momen "Eureka" yang merubah pandangannya tentang Trump. 

Sebagai contoh, dia setuju dengan pandangan Trump bahwa perdagangan bebas telah merusak Amerika bagian tengah dengan menghancurkan manufaktur dalam negeri, dan bahwa pemimpin negara terlalu cepat terlibat dalam konflik luar negeri.




TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×