kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jeff Bezos akan bayar Rp 126 triliun per tahun bila pajak kekayaan Sanders dijalankan


Kamis, 26 September 2019 / 05:30 WIB
Jeff Bezos akan bayar Rp 126 triliun per tahun bila pajak kekayaan Sanders dijalankan


Sumber: CNBC | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Founder dan CEO Amazon Jeff Bezos tengah dalam sorotan para politisi Partai Demokrat yang tengah berjuang menjadi calon presiden AS penantang petahana Presiden AS Donald Trump tahun depan.

Nominasi calon presiden dari Partai Demokrat yakni  Bernie Sanders dan Elizabeth Warren berjanji akan menarik pajak besar dari para miliarder papan atas AS. Bila rencana itu diterapkan, maka Bezos akan membayar pajak sebesar US$ 9 miliar atau Rp 126 triliun per tahun (1 US$ = Rp 14.000) per tahun.

Baca Juga: Jeff Bezos dan Elon Musk balapan membawa internet ke tempat terpencil di bumi

Sander merilis rencana pajak kekayaan yang akan menghantam para miliarder seperti halnya Bezos. Bahkan Bezos akan membayar lebih banyak pajak kekayaan tahunan daripada kekayaan bersih dari 50 orang Amerika terkaya seperti yang tercantum di Forbes.

"Saya kira miliarder seharusnya tidak ada," kata Sanders kepada New York Times, seperti dilansir CNBC, Rabu (25/9). 

Jika rencana Sanders ini diberlakukan, maka diperkirakan para miliarders AS akan kehilangan setengah dari kekayaan mereka dalam 15 tahun. Tentu dengan catatan semua faktor lainnya seperti harga saham atau nilai bisnis mereka tetap konstan.

Sementara Warren juga menyampaikan rencananya untuk menarik pajak miliarder pada tingkat yang lebih tinggi daripada multijutawan. Rencana ini jauh lebih menghukum mereka yang berada di posisi paling atas - yang mencerminkan dukungan kuat untuk memajaki orang kaya di antara pemilih tertentu.

Rencana Warren akan mengenakan pajak 2% terhadap mereka yang memiliki kekayaan lebih dari US$ 50 juta dan 3% pada mereka yang memiliki kekayaan lebih dari US$ 1 miliar. 

Baca Juga: Di tengah tekanan politik, Jeff Bezos dan Zuckerberg ke Washington

Sementara, Sanders akan memungut pajak mulai pada tingkat kekayaan yang lebih rendah - mengenakan pajak pada mereka yang memiliki kekayaan senilai US$ 32 juta sebesar 1%.




TERBARU

[X]
×