kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Jeff Bezos dan Elon Musk balapan membawa internet ke tempat terpencil di bumi


Rabu, 25 September 2019 / 05:25 WIB

Jeff Bezos dan Elon Musk balapan membawa internet ke tempat terpencil di bumi
ILUSTRASI.


KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Abad 21 merupakan abad balapan menguasai ruang angkasa. Perusahaan milik Jeff Bezos, Amazon, dan Blue Orgin tengah bersaing dengan perusahaan lainnya menguasai luar angkasa dan mengirim internet ke seluruh dunia.

Perusahaan ini bersaing dengan SpaceX milik Elon Musk dan perusahaan lainnya yang tengah bersaing masuk ke orbit dan menyediakan internet ke tempat-tempat terpencil di seluruh pelosok bumi.

Baca Juga: Di tengah tekanan politik, Jeff Bezos dan Zuckerberg ke Washington

Mengutip Usatoday, Selasa (24/9), sejumlah perusahaan besar telah mengajukan permohonan izin ke pemerintah Amerika Serikat (AS) untuk mengoperasikan konstelasi satelit yang menyediakan layanan internet. 

Tidak semua tujuan perusahaan tersebut ingin mendapatkan konsumen, tapi juga ada yang memiliki ambisi besar dan global.

"Tujuan di sini adalah agar punya cabang di mana-mana," ujar pendiri, Amazon, Jeff Bezos dalam konferensi pers beberapa waktu lalu.

Saat ini, tercatat lebih dari 3 miliar populasi dunia belum terhubung layanan internet. Mereka ini merupakan pasar yang sangat potensial dan menggiurkan bagi perusahaan-perusahaan penyeldia layanan internet di AS. 

Baca Juga: Mengapa pendiri Netflix menolak tawaran Jeff Bezos untuk membeli perusahaan?

Tak bisa dipungkiri, internet memberikan kemudahan bagi manusia di abad ini. Lewat internet, manusia memiliki akses untuk melamar pekerjaan, mengerjakan pekerjaan rumah bagi anak sekolah, mendapatkan informasi dan perawatan medis dan ikut berpartisipasi dalam ekonomi global.


Reporter: Noverius Laoli
Editor: Noverius Laoli

Video Pilihan


Close [X]
×