kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45702,42   14,31   2.08%
  • EMAS934.000 -1,06%
  • RD.SAHAM -0.69%
  • RD.CAMPURAN -0.34%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Jeff Bezos dan perlombaan supremasi di luar angkasa


Rabu, 28 Agustus 2019 / 06:10 WIB
Jeff Bezos dan perlombaan supremasi di luar angkasa

Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - Proyek Kuiper yang tengah dikembangkan Jeff Bezos melalui perusahaannya Amazon untuk memenuhi kebutuhan internet global dengan harga lebih murah tengah mendapat perhatian sejumlah pihak.

Amazon sedang merencanakan konstelasi 3.236-satelitnya sendiri untuk menyediakan akses internet global. Kampanye ini, yang dikenal sebagai Project Kuiper.

Baca Juga: Jeff Bezos terinspirasi ayahnya seorang imigran Kuba yang ke AS saat remaja

Proyek ini kemungkinan akan bersaing dengan proyek Starlink yang sudah berjalan SpaceX untuk menempatkan ribuan satelit di orbit Bumi yang rendah dan melakukan hal yang hampir sama.  Operasi SpaceX di Redmond, Washington, didirikan pada 2015 untuk memimpin upaya pengembangan Starlink.

Proyek raksasa internet yang tengah dikembangkan ini diperkirakan dapat menghemat para pengguna internet sebesar US$ 30 miliar setiap tahun karena para pelanggan mendapatkan harga yang lebih murah. 

"Internet global adalah peluang besar, terutama bagi orang seperti Amazon dengan layanan cloud," kata analis ARK Invest, Sam Korus kepada CNBC belum lama ini.

Proyek Kuliper milik Bezos ini telah dikembangkan dengan investasi mencapai miliaran dolar AS. Usaha-usaha ini untuk mencapai supremasi di luar angkasa dan akan menghemat konsumen miliaran dolar.

Saat ini, Amazon telah menyebarkan kabel-kabel atau serat optik untuk menyediakan Internet broadband sementara LEO Satellites, yang lebih dekat ke bumi (99miles hingga 1200 miles) akan memerlukan lebih sedikit waktu untuk mentransfer informasi dan memberikan kualitas yang serupa dibandingkan dengan yang sudah ada. 

Baca Juga: Jagad Twitter bergemuruh meminta Jeff Bezos atasi kebakaran hutan Amazon

Kehadiran satelit yang sedang dikembangkan perusahaan milik Jeff Bezos ini akan memecahkan masalah utama konektivitas yang rendah di daerah pedesaan dengan biaya murah.

Pada tahun-tahun mendatang, proyek ini juga akan mencakup seluruh negara dan satelit ini akan datang dengan harga yang wajar untuk bersaing dengan operator dan menghemat pengeluaran rumah tangga AS hingga miliaran dolar. 

Peluncuran Starlink dan Project Kuiper tentu saja akan menjadi kebahagiaan bagi warga Amerika.




TERBARU

Close [X]
×