CLOSE [X]
kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Jeff Bezos lebih kalem, Musk lebih agresif, ini pelajaran yang bisa dipetik


Selasa, 10 September 2019 / 07:05 WIB

Jeff Bezos lebih kalem, Musk lebih agresif, ini pelajaran yang bisa dipetik


KONTAN.CO.ID -  Bos Amazon Jeff Bezos dan Pemimpin Tesla Elon Musk memiliki cara unik untuk meraih ambisi mereka dalam mengejar kemajuan teknologi dan membangun bisnis raksasa.

Bezos bekerja dalam diam, sementara Musk lebih berani mengungkapkan visinya. Bezos meraih visinya dengan langkah kecil, Musk meraihnya dengan lompatan. Dua-duanya sama-sama punya keunggulan, dan mereka melakukannya dengan cara mereka sendiri.

Baca Juga: Jeff Bezos dan Elon Musk, dua pemimpin paling inovatif dengan misi berani

Jadi, apa yang dapat dipelajari dari perbedaan mencolok dalam gaya kepemimpinan ini dalam hal inovasi terkemuka?

Mengutip Forbes, Bezos dipimpin oleh langkah-langkah kecil, inkremental, didorong oleh bukti menuju hasil yang membuatnya mendapatkan kredibilitas untuk terus melakukan hal-hal baru.

Ingatlah bahwa dia tidak memulai dengan kredibilitas ini - dia harus memenangkannya dari waktu ke waktu, pertama dengan berhasil menjual buku secara online.

Dari tempat berpijak itu ia telah berhasil berekspansi ke ritel online, layanan web (dengan Amazon Web Services), perangkat elektronik (mis., Kindle, Alexa), dan hiburan (Video Amazon dan Musik Amazon Tanpa Batas).

Pendekatan Bezos adalah membangun reputasinya untuk inovasi secara perlahan, bukti demi bukti dari waktu ke waktu melalui eksperimen yang menghasilkan kinerja yang solid dan digerakkan oleh data.

Sebaliknya, Musk telah mengambil apa yang mungkin dilihat sebagai pendekatan risiko atau imbalan tinggi yang melibatkan pemikiran visioner untuk mendapatkan dukungan bagi gagasan-gagasannya yang berani. Dia mengartikulasikan visi yang tinggi dan menarik untuk usahanya.

Baca Juga: Jeff Bezos berprinsip 'customer first', sedangkan Elon Musk 'technology first'

Ini mungkin tampak seperti hal yang mudah dilakukan dengan visi luhur untuk SpaceX dan Tesla; tetapi dia melakukannya dengan lebih banyak produk biasa seperti Tesla PowerWall, yang pada dasarnya adalah baterai besar yang disimpan di garasi Anda.

Tentang Powerwall, dia berkata, "Kami mencoba mengubah struktur energi fundamental dunia." Ia menggunakan pendekatan menyatakan visi besar untuk menarik sumber daya manusia dan keuangan ke usaha-usahanya.

"Elon benar-benar mengerti orang," kata Sterling Anderson, mantan kepala Tesla autopilot dan salah satu pendiri Aurora.

“Dia mengerti bahwa visi yang tinggi dan inspiratif menarik orang-orang kelas dunia, khususnya para insinyur kelas dunia. Dengan para insinyur itu ia dapat membangun produk yang lebih baik. Produk itu menarik pelanggan dan menarik investor, yang memperkuat siklus.

”Setelah mengumumkan visinya yang berani kepada publik, Musk kemudian menarik modal manusia dan finansial ke dalam usahanya dan membuat visi itu dapat dicapai melalui pendekatan prinsip pertama.

Baca Juga: Dalam melakukan terobosan teknologi, Jeff Bezos pilih diam, Elon Musk lebih berani

Sambil mengikuti jalur yang berbeda, baik Bezos dan Musk telah berhasil meluncurkan beberapa inovasi dan telah naik ke puncak daftar Pemimpin Paling Inovatif kami.

Keberhasilan mereka melalui gaya yang kontras menunjukkan bahwa kepemimpinan yang inovatif tidak mengandalkan formula yang dapat diprediksi. Tapi kalau begitu, siapa pun bisa melakukannya.

 


Reporter: Noverius Laoli
Editor: Noverius Laoli
Video Pilihan

Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0004 || diagnostic_api_kanan = 0.0007 || diagnostic_web = 1.2163

Close [X]
×