kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Jeff Bezos targetkan pada 2040, Amazon e-commerce terbesar yang bebas polusi


Minggu, 22 September 2019 / 06:00 WIB

Jeff Bezos targetkan pada 2040, Amazon e-commerce terbesar yang bebas polusi
ILUSTRASI.


KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. CEO Amazon.com Inc Jeff Bezos pada hari Kamis berjanji menjadikan Amazon sebagai perusahaan e-commerce terbesar yang bebas polusi atau karbon netral pada 2040 dan ia juga telah memesan 100.000 mobil van listrik.

Bezos mengatakan, memotong emisi merupakan target menantang bagi Amazon, yang mengirimkan 10 miliar item per tahun dan memiliki jejak transportasi dan pusat data yang masif.

"Kami tahu kami bisa melakukannya dan kami tahu kami harus melakukannya," kata Bezos seperti dilansir CNBC, Kamis (19/9).

Baca Juga: Jeff Bezos dan Elon Musk, dua pemimpin paling inovatif dengan misi berani

Bezos melanjutkan, Amazon akan memenuhi kesepakatan iklim Paris 10 tahun lebih cepat dari jadwal yang ditetapkan, dan akan menggunakan 100% energi terbarukan pada tahun 2030. Saat ini, 40% kendaraan operasional Amazon telah menggunakan energi terbarukan.

Kelompok advokasi lingkungan Greenpeace USA menyambut baik komitmen Bezos tersebut, tetapi seorang juru bicara mengatakan Amazon masih tertinggal dari Google, Apple dan Facebook dalam hal transparansi seputar proyek-proyek terbarukan.

Selain itu,  Amazon juga berjanji membeli 100.000 kendaraan pengiriman listrik dari Rivian Automotive LLC.

Amazon dan Ford Motor Co adalah salah satu investor di Rivian. Bezos mengatakan van pengiriman listrik pertama untuk Amazon akan berada di jalan pada tahun 2021, dan semua 100.000 mobil van listrik ini akan dikerahkan pada tahun 2024.

Seorang juru bicara Rivier mengatakan 10.000 kendaraan untuk Amazon akan berada di jalan pada akhir 2022.

Perusahaan itu mengatakan Amazon saat ini memiliki 30.000 mobil van listrik yang mengirimkan pesanan pelanggan di Amerika Serikat. Itu tidak termasuk van dari United Parcel Service Inc dan A.S. Layanan Pos, yang juga membawa paket non-Amazon.

Baca Juga: Jeff Bezos dan Lauren Sanchez kembali menikmati liburan romantis di Venesia, Italia


Sumber : CNBC
Editor: Noverius Laoli

Video Pilihan


Close [X]
×