kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Jeff Bezos terancam bayar pajak Rp 127 triliun setahun bila Sanders jadi presiden AS


Selasa, 01 Oktober 2019 / 05:05 WIB
Jeff Bezos terancam bayar pajak Rp 127 triliun setahun bila Sanders jadi presiden AS

Sumber: CNBC | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -   JAKARTA. Bos Amazon Jeff Bezos, yang juga orang terkaya dunia terancam membayar pajak sebesar US$ 9 miliar atau setara Rp 127 triliun per tahun (kurs Rp 14.150 per dolar AS) bila nominasi calon presiden dari Partai Demokrat Bernie Sanders menjadi Presiden AS pada 2020 mendatang.

Pasalnya, Bernie Sanders dan Elizabeth Warren, nominasi calon presiden AS dari partai demokrat lainnya, berjanji akan menarik pajak besar terhadap para miliarder papan atas AS.

Baca Juga: Jeff Bezos dan Elon Musk balapan membawa internet ke tempat terpencil di bumi

Bila program Sander itu diterapkan maka, Bezos diperkirakan akan membayar lebih banyak membayar pajak tahunn dibandingkan dengan kekayaan bersih atas 50 orang Amerika terkaya seperti yang tercantum di Majalah Forbes.

"Saya kira miliarder seharusnya tidak ada," kata Sanders kepada New York Times, seperti dilansir CNBC. 

Jika rencana Sanders ini diberlakukan, maka diperkirakan para miliarders AS akan kehilangan setengah dari kekayaan mereka dalam 15 tahun. Tentu dengan catatan semua faktor lainnya seperti harga saham atau nilai bisnis mereka tetap konstan.

Sementara Warren juga menyampaikan rencananya untuk menarik pajak miliarder pada tingkat yang lebih tinggi daripada multijutawan. Rencana ini jauh lebih menghukum mereka yang berada di posisi paling atas - yang mencerminkan dukungan kuat untuk memajaki orang kaya di antara pemilih tertentu.

Rencana Warren akan mengenakan pajak 2% terhadap mereka yang memiliki kekayaan lebih dari US$ 50 juta dan 3% pada mereka yang memiliki kekayaan lebih dari US$ 1 miliar. 

Baca Juga: Di tengah tekanan politik, Jeff Bezos dan Zuckerberg ke Washington

Sementara, Sanders akan memungut pajak mulai pada tingkat kekayaan yang lebih rendah - mengenakan pajak pada mereka yang memiliki kekayaan senilai US$ 32 juta sebesar 1%.



Video Pilihan

TERBARU

×