kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jenderal Baru Pilihan Xi Bakal Hadapi Tantangan Militer yang Berat Pasca Kongres


Senin, 17 Oktober 2022 / 10:37 WIB
Jenderal Baru Pilihan Xi Bakal Hadapi Tantangan Militer yang Berat Pasca Kongres
Pengunjung berjalan melewati layar raksasa yang menampilkan Presiden China Xi Jinping menyampaikan pidato kepada anggota Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA), China 8 Oktober 2022. REUTERS/Florence Lo.


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  HONG KONG. Presiden China Xi Jinping telah melakukan perubahan besar pada struktur, postur dan potensi Tentara Pembebasan Rakyat dalam dua masa jabatan pertamanay sebagai komandan militer terbesar di dunia.

Selama 10 tahun itu, China dengan cepat memperluas dan memajukan pasukan angkatan laut dan roketnya, membersihkan ribuan perwira karena korupsi, mereformasi operasi komandonya dan membangun pangkalan jauh di jantung maritim Asia Tenggara.

Sekarang datanglah langkah-langkah rumit berikutnya untuk Komisi Militer Pusatnya: menerapkan perubahan besar-besaran pada kepemimpinannya, yang memimpin Tentara Pembebasan Rakyat China yang berkekuatan dua juta orang, yang berpotensi memperketat cengkeraman Xi atas militer dan modernisasinya.

Baca Juga: Sumpah Xi Jinping: Beijing Tak Akan Lepaskan Hak untuk Gunakan Kekuatan atas Taiwan

Pada hari Minggu, Partai Komunis China memulai kongres sekali dalam lima tahun, di mana ia diharapkan untuk mengganti empat pensiunan di antara enam perwira senior yang bertugas di bawah Xi dalam komisi tersebut. 

Di antara mereka yang diperkirakan akan mundur adalah wakil ketua badan tersebut, Jenderal Xu Qiliang dan Zhang Youxia, keduanya berusia 72 tahun. Zhang secara luas dipandang sebagai sekutu dekat Xi.

Pengganti mereka harus mengintegrasikan kekuatan yang semakin kompleks yang akan menjadi vital untuk invasi Taiwan, kata delapan atase militer Asia dan Barat dan tujuh analis keamanan, memenuhi permintaan lama Xi bahwa militer dapat "bertarung dan memenangkan perang".

Tantangan diplomatik juga meningkat, karena modernisasi militer China menghadapi dominasi strategis tradisional AS di Asia Timur.

Baca Juga: Pidato Xi Jinping: Kebijakan Nol Covid Tidak Akan Dicabut

Utusan militer dan tiga analis mengatakan komisi itu perlu mengamankan pangkalan asing dan akses pelabuhan untuk perluasan armada angkatan lautnya serta mengatasi kemungkinan tekanan eksternal untuk memperdalam keterlibatan internasional atas gudang senjata nuklirnya. 

Perekonomian yang melambat juga dapat memperumit modernisasi.

Di tengah semua tantangan itu, sebagian besar jenderal yang akan datang cenderung kekurangan satu elemen yang menandai setidaknya beberapa pendahulu komisi mereka: pengalaman tempur.

Baca Juga: Balas Surat Kim Jong Un, Presiden Xi Jinping Serukan Komunikasi, Persatuan, Kerjasama

Zhang dan anggota komisi Jenderal Li Zuocheng, yang juga diperkirakan akan pensiun, adalah beberapa dari dua perwira terakhir yang bertempur dalam konflik perbatasan berdarah dengan Vietnam yang dimulai dengan invasi China yang bermasalah pada 1979 tetapi terus berlanjut hingga akhir 1980-an.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×