kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.007,63   -0,78   -0.08%
  • EMAS1.133.000 0,18%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jepang dan Korsel Sepakat Hubungkan Sistem Radar untuk Melacak Rudal Korut


Selasa, 09 Mei 2023 / 14:31 WIB
Jepang dan Korsel Sepakat Hubungkan Sistem Radar untuk Melacak Rudal Korut
ILUSTRASI. Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida menghadiri upacara penjaga kehormatan menjelang pertemuan bilateral mereka di Kantor Perdana Menteri di Tokyo, Jepang, 16 Maret 2023. FRANCK ROBICHON/Pool via REUTERS


Sumber: Reuters | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID -  Otoritas pertahanan jepang dan Korea selatan sepakat untuk saling berbagi informasi yang didapat dari sistem radar mereka. Langkah ini diambil agar keduanya bisa dengan cepat memantau pergerakan rudal Korea Utara.

Dilansir dari Reuters, sejumlah pihak yang dekat dengan otoritas terkait pada hari Selasa (9/5) menyebut dua negara akan sepakat awal bulan depan untuk menghubungkan radar mereka melalui sistem yang dikelola oleh AS.

Menteri pertahanan ketiga negara kabarnya berencana mengesahkan perjanjian terkait sistem radar itu di sela-sela KTT pertahanan Asia yang akan diadakan di Singapura awal bulan depan.

Baca Juga: Kabar Ekspansi NATO ke Asia Membuat China Mulai Waspada

Menteri pertahanan dari Jepang dan Korea Selatan secara terpisah mengatur pertemuan di sela-sela IISS Shangri-La Dialogue yang akan diadakan di Singapura mulai 2-4 Juni. Itu akan menjadi pertemuan pertama kedua pihak sejak November 2019.

Jepang, Korea Selatan, dan AS pada bulan November lalu sepakat untuk mempercepat pembagian informasi menyusul meningkatnya intensitas uji coba rudal Korea Utara sepanjang tahun 2022.

Terkait sistem radar, Jepang dan Korea Selatan sebenarnya sudah terhubung secara independen dengan sistem radar AS, namun tidak satu sama lain.

Hubungan antara Jepang dan Korea Selatan telah menghangat dalam beberapa bulan terakhir. Semuanya ada di jalan yang sama dalam memandang ancaman dari Korea Utara. 

Baca Juga: Jepang dan Korea Selatan Sepakat Memulai Lagi Dialog Keuangan

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida bahkan telah bertemu dengan Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol di Seoul pada hari Minggu (7/5). Pada kesempatan itu keduanya mengonfirmasi kemajuan dalam kerja sama pertahanan.

Kepentingan yang sama di sektor pertahanan ini juga sukses membuka jalur hubungan lain keduanya. Awal bulan ini Jepang dan Korea Selatan akhirnya sepakat untuk memulai kembali dialog keuangan.

"Jepang dan Korea Selatan adalah tetangga penting yang harus bekerja sama untuk mengatasi berbagai tantangan seputar ekonomi global, serta komunitas regional dan internasional," kata Menteri Keuangan Jepang Shunichi Suzuki saat itu.

Sejalan dengan itu, Menteri Keuangan Korea Selatan Choo Kyung-ho mengatakan kedua negara dapat memperkuat kemitraan swasta dan pemerintah dalam industri teknologi tinggi seperti semikonduktor dan baterai.




TERBARU
Kontan Academy
Outlook 2024, Meneropong saham unggulan di Tahun Politik The Coughing Dragon | Global Market Series - China

[X]
×