kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jet Tempur Belanda Menghadang Tiga Jet Tempur Rusia di Langit Polandia


Selasa, 14 Februari 2023 / 10:36 WIB
Jet Tempur Belanda Menghadang Tiga Jet Tempur Rusia di Langit Polandia
ILUSTRASI. Jet tempur siluman F-35


Sumber: Reuters | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - WARSAWA. Dua jet tempur F-35 milik Belanda pada hari Senin (13/2) mencegat tiga pesawat militer Rusia yang terbang di langit Polandia.

Kementerian Pertahanan Belanda dalam laporannya mengatakan bahwa tiga pesawat Rusia yang dihadang adalah satu unit pesawat IL-20M Coot-A dan dua jet tempur Su-27 Flanker.

IL-20M Coot-A adalah nama pelaporan NATO untuk pesawat pengintai Rusia Ilyushin Il-20M. Sementara Su-27 Flanker adalah nama pelaporan NATO untuk pesawat tempur Sukhoi Su-28.

Baca Juga: NATO Meminta Korea Selatan Ikut Memberi Dukungan Militer ke Ukraina

"Pesawat yang saat itu tidak dikenal mendekati area tanggung jawab NATO Polandia dari Kaliningrad. F-35 Belanda mengawal formasi dari jarak jauh dan menyerahkan pengawalan tersebut kepada mitra NATO," tulis kementerian seperti dikutip Reuters.

Kaliningrad sendiri merupakan wilayah pantai Baltik Rusia yang terletak di antara Polandia dan Lituania, dua negara Uni Eropa yang bergabung dengan NATO.

Pihak Kementerian Pertahanan Belanda mengatakan bahwa delapan jet F-35 milik mereka memang ditempatkan di Polandia selama Februari hingga Maret sebagai bagian dari komitmen kerja sama NATO.

Baca Juga: Jerman: Batalion Pertama Tank Leopard 2 Tiba di Ukraina pada Maret/April

Untuk sementara Kementerian Pertahanan Rusia masih belum memberikan tanggapan terkait hadirnya tiga armada militer mereka di langit Polandia.

Seperti anggota NATO lainnya, Polandia juga berdiri di Ukraina dalam perangnya dengan Rusia. Akhir bulan lalu pemerintah Polandia menyampaikan rencananya untuk mengirim tank Leopard ke Ukraina.

Sayangnya pengiriman ini masih terkendala izin dari Jerman selaku produsen tank Leopard. 




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×