kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,58   -16,96   -1.87%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

JIP Tender Offer Saham Toshiba dengan Total Nilai US$ 14 Miliar


Senin, 07 Agustus 2023 / 15:24 WIB
JIP Tender Offer Saham Toshiba dengan Total Nilai US$ 14 Miliar
ILUSTRASI. Japan Industrial Partners (JIP) akan melakukan penawaran tender senilai US$ 14 miliar pada 8 Agustus. REUTERS/Yuya Shino/File Photo


Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Perusahaan ekuitas swasta Japan Industrial Partners (JIP) akan mengakuisisi saham Toshiba. JIP akan melakukan penawaran tender senilai US$ 14 miliar pada 8 Agustus untuk mengambil alih konglomerat industri tersebut. 

Penawaran tender tersebut membuat Toshiba dihargai senilai ¥ 2 triliun setara dengan US$ 14 miliar. Aksi penawaran tender tersebut akan selesai pada 20 September. Awalnya, aksi ini dijadwalkan dimulai pada akhir Juli, tetapi diundur karena penundaan peraturan.

Baca Juga: Perang Teknologi Semikonduktor Memanas, China Stop Beli Produk Chip Perusahaan AS

Sebelumnya, harga penawaran ¥ 4.620 per saham terlalu rendah untuk merekomendasikan pemegang saham menenderkan saham mereka, tetapi kemudian menyimpulkan harga baru ini dinilai adil tanpa prospek penawaran yang lebih tinggi atau penawaran yang bersaing dan kondisi ekonomi yang tidak menguntungkan.

Menurut sumber dikutip Reuters, beberapa pemegang saham yang merasa tidak puas dengan harga tender offer mengaku sudah lelah dengan pertempuran bertahun-tahun dengan perusahaan dan ingin keluar dari saham Toshina.

Mengutip Reuters, ada sekitar 20 perusahaan Jepang akan ambil bagian dalam kesepakatan itu. Kontributor utama termasuk pembuat cip Rohm dengan ¥ 300 miliar dan perusahaan jasa keuangan Orix dengan ¥ 200 miliar. "Tapi banyak investor adalah mitra bisnis lama Toshiba yang ingin tetap menjalin hubungan dengan perusahaan setelah pembelian," kata sumber tersebut.

Baca Juga: Toshiba Menerima Tawaran Pembelian Senilai US$ 15 Miliar dari Konsorsium Jepang




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×