kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Joe Biden bertemu Paus Fransiskus saat debat aborsi berkobar di AS


Jumat, 29 Oktober 2021 / 19:06 WIB
Joe Biden bertemu Paus Fransiskus saat debat aborsi berkobar di AS
Paus Fransiskus menyambut Presiden AS Joe Biden di Vatikan, 29 Oktober 2021.


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  VATIKAN. Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden melakukan pertemuan dengan Paus Fransiskus di Vatikan. Pertemuan ini diperkirakan akan berpusat pada pembahasan soal perubahan iklim dan ketidakadilan. Namun pertemuan ini juga dibayangi perdebatan di AS mengenai dukungan Presiden Katolik AS tersebut terhadap hak-hak aborsi.

Kehadiran Biden diiringi dengan pengamanan ketat. Apalagi ibu kota Italia, Roma, saat ini tengah bersiap menjadi tuan rumah pertemuan puncak para pemimpin dunia G20 akhir pekan ini.

Mengutip Reuters, Jumat (29/10), kemudian terlihat juga pasukan pengawal Swiss dengan seragam tradisional mereka berwarna merah, kuning dan biru tampak memegang tombak dan memberi Biden serta istrinya Jill penghormatan ketika mereka dan delegasi AS tiba di halaman San Damaso di Istana Apostolik. Bendera AS berkibar dari balkon tengah istana tersebut.

Kepala Rumah Tangga Kepausan Monsignor Leonardo Sapienza membawa Biden dan rombongan ke lantai tiga istana di mana para pengantar pakaian resmi yang dikenal sebagai "tuan-tuan paus" menunggu untuk mengawal mereka ke aula lukisan dinding ke perpustakaan resmi kepausan. 

Baca Juga: Vatikan Menolak Kritik Keras dari Para Rabi Israel Terkait Pernyataan Paus Fransiskus

"Terima kasih banyak. Senang bisa kembali," kata Biden kepada salah satu pejabat di jalur penerima di halaman. Dia kemudian bercanda dengan pejabat lain yang sedang berbicara dengan istrinya. "Saya suami Jill," kata Biden.

Pertemuan antara paus Amerika Latin pertama dan presiden Katolik kedua dalam sejarah AS tersebut berlangsung di tengah perdebatan sengit di Gereja Amerika Serikat, di mana Biden berada di bawah tekanan dari kaum konservatif atas posisinya yang berkonflik dalam sengketa hak aborsi.

Presiden, yang menghadiri Misa mingguan secara teratur dan menyimpan foto paus di belakang mejanya di Ruang Oval, mengatakan bahwa dia secara pribadi menentang aborsi tetapi tidak dapat memaksakan pandangannya sebagai pemimpin terpilih.

Pengkritiknya yang paling bersemangat dalam hierarki Gereja AS mengatakan Biden, seorang Demokrat, harus dilarang menerima komuni, sakramen utama iman, dan digandakan menjelang pertemuan.

Baca Juga: Paus Fransiskus mendukung pengesampingan hak kekayaan intelektual untuk vaksin corona

"Paus Fransiskus yang terkasih, Anda dengan berani menyatakan bahwa aborsi adalah 'pembunuhan.' Tolong tantang Presiden Biden mengenai masalah kritis ini. Dukungannya yang gigih terhadap aborsi adalah hal yang memalukan bagi Gereja dan skandal bagi dunia," kata Uskup Thomas Tobin dari Providence, Rhode Island, dalam sebuah Tweet.

Di situs webnya, seorang konservatif Amerika lainnya, Kardinal Raymond Burke, tanpa menyebut nama Biden, berbicara tentang "skandal besar yang disebabkan oleh politisi Katolik semacam itu."




TERBARU

[X]
×