kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Joe Biden: Kisah tentang karier politik, pernikahan, dan kecelakaan tragis


Minggu, 08 November 2020 / 04:45 WIB
 Joe Biden: Kisah tentang karier politik, pernikahan, dan kecelakaan tragis
ILUSTRASI. Profil Joe Biden: Karier politik, pernikahan, dan kecelakaan tragis. REUTERS/Kevin Lamarque


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Kandidat dari Partai Demokrat Joe Biden memenangkan kursi kepresidenan Amerika Serikat (AS). Biden akan menjadi presiden AS ke-46.

Beberapa jaringan televisi utama AS melaporkan, Biden melangkah ke Gedung Putih mengalahkan Donald Trump, setelah memenangkan suara di Pennsylvania.

Dari negara bagian Pennsylvania, Biden mendapatkan 20 electoral votes dan sudah cukup untuk mengamankan suaranya.

Biden kini mengantongi 273 electoral votes, melebihi minimal 270 electoral votes yang dibutuhkan untuk memenangkan pemilihan Presiden AS. Sementara Donald Trump hanya meraih 214 electoral votes, menurut data Edison Research.

 Baca Juga: Bisakah Trump dihukum jika menolak menerima kekalahan Pilpres AS?

Siapa Joe Biden? 

Joe Biden

Dirangkum dari Biography.com, Joe Biden pernah terpilih sebagai wakil presiden AS ke-47 bersama Presiden Barack Obama pada 2008 dan terpilih kembali pada 2012. 

Pada 2017, di akhir masa pemerintahannya, Obama menghadiahkan Biden Presidential Medal of Freedom. Dua tahun kemudian Biden meluncurkan kampanyenya untuk mencalonkan diri sebagai presiden AS dan merupakan calon presiden dari Partai Demokrat tahun 2020.

Joe Biden sempat bekerja sebagai pengacara sebelum beralih ke politik. Dia menjadi senator AS termuda kelima dalam sejarah serta senator terlama di Delaware, salah satu negara bagian di AS. 

Jauh sebelum mencapai salah satu jabatan politik tertinggi di negara itu, Biden lahir pada tanggal 20 November 1942. Dia dibesarkan di Scranton, di Timur Laut Pennsylvania.  Ayahnya, Joseph Biden Sr., bekerja sebagai pembersih tungku dan penjual mobil bekas. Sementara, ibunya bernama Catherine Eugenia "Jean" Finnegan.

Baca Juga: Biden semakin mendekati kemenangan, Trump ajukan gugatan hukum

Biden bersekolah di Sekolah Dasar St. Paul di Scranton. Pada 1955, ketika dia berusia 13 tahun, keluarganya pindah ke Mayfield, Delaware sebuah wilayah dengan komunitas kelas menengah yang berkembang pesat, terutama karena ada perusahaan kimia DuPont di dekatnya.

Kemudian, Biden berkuliah di Universitas Delaware untuk belajar sejarah, ilmu politik dan bermain sepak bola. Saat itu, Joe Biden mulai mengembangkan minat dalam politik, sebagian terinspirasi oleh pelantikan John F. Kennedy pada 1961.

Pada 1965, Joe Biden melanjutkan studinya di Syracuse University Law School setelah lulus dari Delaware. Alasan Biden memilih universitas tersebut lantaran jatuh cinta dengan salah seorang mahasiswinya, Neilia Hunter yang menjadi istri pertama Joe Biden. 

Setelah lulus dari sekolah hukum pada tahun 1968, Biden pindah ke Wilmington, Delaware, untuk mulai berpraktik di sebuah firma hukum. 

Baca Juga: Pendukung Trump dan Biden gelar aksi protes di seluruh AS




TERBARU

[X]
×