kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Joe Biden masih memimpin dalam jajak pendapat calon Presiden AS 2020


Minggu, 09 Juni 2019 / 12:41 WIB
Joe Biden masih memimpin dalam jajak pendapat calon Presiden AS 2020


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  DES MOINES. Mantan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden masih memimpin nominasi calon presiden dari Partai Demokrat dalam jajak pendapat pemilih Iowa yang dirilis Sabtu. Popularitas Biden kemudian diikuti Bernie Sanders, Elizabeth Warren dan Pete Buttigigeg.

Mengutip Reuters, Minggu (9/6), Biden merupakan pilihan pertama dari 24% calon penonton kaukus Demokrat di Iowa, negara bagian yang memulai pemilihan pencalonan presiden Februari mendatang.

Sanders merupakan seorang Senator AS menduduki pilihan pertama untuk 16% responden. Sementara Warren juga seorang Senator AS dan Buttigieg Walikota South Bend, Indiana, masing-masing berada pada 15% dan 14%.

Sementara kandidat lainnya di bawah dua digit. Mereka adalah Senator Kamala Harris 7%, Senator Amy Klobuchar dan mantan anggota Kongres Texas Beto O'Rourke sama-sama 2%. Tujuh kandidat lainnya 1%.

Presiden Selzer & Co yang berbasis di Des Moines J. Ann Selzer mengatakan, mereka melihat tingginya antusiasme dan komitmen dari sejumlah calon presiden. "Ada lebih banyak komitmen daripada yang biasanya kita lihat sepagi ini. Dan beberapa kandidat yang berada di bawah radar mulai muncul dan bersaing dengan Joe Biden," ujarnya.

Dia melanjutkan, banyak kandidat yang gagal membuat terobosan. Sembilan tidak mendaftar dukungan dalam jajak pendapat. "Selalu ada tanda tanya tentang berapa banyak yang bisa mendapatkan traksi nyata," kata Selzer.

Jajak pendapat Register Iowa memiliki rekam jejak panjang akurasi relatif di negara bagian.

Lebih dari 20 orang Demokrat bersaing untuk menantang Presiden dari Partai Republik Donald Trump. Biden menjadi pemimpin yang konsisten dalam sebagian besar jajak pendapat nasional dan negara bagian sejak ia pertama kali akhir April . Sanders berada di urutan kedua setelah Biden di sebagian besar jajak pendapat.




TERBARU

[X]
×