kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Joe Biden menang pemilu, warga Arab ragu kebijakan AS di Timur Tengah berubah


Minggu, 08 November 2020 / 06:17 WIB
Joe Biden menang pemilu, warga Arab ragu kebijakan AS di Timur Tengah berubah
ILUSTRASI. Calon presiden Amerika Serikat dari Parta Demokrat Joe Biden


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - BAGHDAD. Para pemimpin Arab memberi selamat kepada Joe Biden atas kemenangan dalam pemilihan umum presiden Amerika Serikat 2020. Namun, sejumlah pihak di kawasan Timur Tengah tersebut masih pesimisme dengan kebijakan AS selanjutnya di wilayah Arab. 

“Saya yakin Trump tidak akan mencapai masa jabatan kedua. Dia terlalu memusuhi hampir semua orang. Dia (lebih) cocok menjadi pemimpin mafia daripada presiden Amerika Serikat," kata Adel Salman, seorang guru bahasa Inggris sekolah menengah di Baghdad.

"Mari kita tunggu dan lihat dengan kepresidenan Biden. Dan saya katakan kepada semua orang Irak, jangan menghitung ayam Anda sebelum menetas. Apakah Biden lebih baik untuk Irak? Mari kita tunggu dan lihat tindakannya," lanjut pria berusia 40 tahun tersebut. 

Di masa awal kepemimpinannya, Biden mungkin menghadapi beberapa tantangan kebijakan luar negeri yang paling kompleks di kawasan ini. Mulaidari perang di Libya dan Yaman hingga meyakinkan sekutu AS di Teluk Arab bahwa Washington dapat melindungi mereka dari musuh seperti Iran, serta kesepakatan nuklir dengan Teheran.

Baca Juga: Joe Biden menang pemilu AS, warga New York rayakan kekalahan Trump dengan suka ria

"Trump adalah teman kami, dia mencintai Arab Saudi dan melindunginya dari musuh. Dia memborgol Iran. Sedangkan Biden akan membebaskan Iran lagi dan ini akan merugikan kami dan seluruh kawasan," kata Mohamed Al Anaizy, seorang pengemudi Uber di Arab Saudi. 

Selama ini, Trump memang memiliki hubungan yang nyaman dengan sejumlah pemimpin yang semakin otoriter di negara-negara seperti Arab Saudi, Mesir, dan Turki. Nah, di sisi lain, Biden telah berjanji untuk mengambil tindakan tegas tentang hak asasi manusia.

Beberapa kritikus Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi mengungkapkan harapan bahwa kebijakan AS akan berubah. Dalam postingan twitter Biden di bulan Juli lalu, dia mengkritik tindakan keras Kairo terhadap aktivis politik, dan berjanji: "Tidak ada lagi pemeriksaan kosong untuk 'diktator favorit' Trump. ' ”

Pemerintah Sisi membantah tuduhan kelompok hak asasi manusia atas pelanggaran yang meluas.

Pembawa acara bincang-bincang di saluran TV yang dikontrol ketat di Mesir telah mencoba untuk mengecilkan dampak dari kemenangan Biden, dengan alasan bahwa Mesir akan menyesuaikan dan beradaptasi.

Sisi dengan cepat memberi selamat kepada Biden. Para pemimpin Irak, Uni Emirat Arab, dan Yordania juga mengucapkan selamat kepada Biden.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×