kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,64   6,79   0.75%
  • EMAS1.395.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Joe Biden Tegaskan Tidak Akan Mundur Dari Pemilihan Presiden AS


Jumat, 05 Juli 2024 / 10:12 WIB
Joe Biden Tegaskan Tidak Akan Mundur Dari Pemilihan Presiden AS
ILUSTRASI. Ilustrasi. Presiden Joe Biden mengatakan "Saya tidak akan ke mana-mana" saat i banyaknya seruan dari partai Demokrat memintanya untuk mundur dari kampanye pemilihan presiden AS.


Sumber: Reuters | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Presiden Joe Biden mengatakan "Saya tidak akan ke mana-mana" saat menghadapi banyaknya seruan dari partai Demokrat untuk mengakhiri usaha pemilihan kembali.

Joe Biden melalukan hal ini untuk membalas keraguan tentang stamina dan ketajaman mentalnya untuk melanjutkan kampanyenya.

Penampilan Joe Biden yang goyah pada debat 27 Juni 2024 membuat dirnya diawasi secara ketat mulai saat ini.

Banyak pemilih Demokrat khawatir tentang apakah ia dapat mempertahankan kecepatan kerja yang melelahkan selama 4-1/2 tahun ke depan dan beberapa di partainya telah mendesaknya untuk mundur.

Baca Juga: Pasar Global - Saham Memperpanjang Rekor, Pound Berhenti Saat Inggris Memilih

Biden menjadi tuan rumah perayaan Hari Kemerdekaan AS tahunan di Gedung Putih pada hari Kamis, termasuk barbekyu untuk beberapa ribu anggota dinas militer aktif dan keluarga mereka.

Biden, dalam balutan jas tanpa dasi, memulai sambutannya dengan ucapan tegas, "Selamat Hari Kemerdekaan!"

Saat membaca dari teleprompter, Biden tidak membuat kesalahan besar dalam menyampaikan sambutan singkat, tetapi pada satu titik tampak keluar dari naskah untuk merujuk ke pemakaman perang yang ditolak Trump saat menjabat.

"Ngomong-ngomong, Anda tahu, saya berada di pemakaman Perang Dunia Pertama di Prancis. Salah satu kolega kita, mantan presiden, tidak ingin mengunjunginya...," katanya, suaranya merendah dan melemah.

"Saya mungkin seharusnya tidak mengatakannya," Biden menambahkan, sebelum melanjutkan sambutannya.

Saat Biden berbaur dan berfoto selfie dengan para tamu, seseorang mengatakan untuk "Terus berjuang."

"Anda mendapatkan saya, Bung. Saya tidak akan ke mana-mana," kata Biden, mengulangi janjinya untuk tetap dalam persaingan meskipun seruan untuk mundur semakin meningkat.

Abigail Disney, cucu perempuan Walt Disney yang mendirikan perusahaan yang menyandang namanya (DIS.N), membuka tab baru dan yang telah menjadi donor utama Demokrat, menjadi donor terbaru yang menyerukan agar Biden mundur dari pemilihan presiden, mengatakan kepada CNBC pada hari Kamis bahwa dia akan menghentikan sumbangan ke Partai Demokrat sampai dia melakukannya.

Wakil Presiden Kamala Harris adalah pesaing utama untuk menggantikannya dalam pemilihan 5 November jika Biden mengundurkan diri, kata sumber, meskipun sekutunya percaya dia dapat meredakan kekhawatiran para pemilih dan donor.

Di antara acara-acara di kalender Biden yang diteliti dengan cermat adalah wawancara dengan ABC News pada hari Jumat yang akan ditayangkan secara penuh pada pukul 8 malam ET (0000 GMT Sabtu). Dia juga melakukan perjalanan ke Wisconsin pada hari yang sama untuk rapat umum kampanye.

Puluhan Demokrat di DPR mengamati dengan saksama dan bersiap untuk meminta Biden mundur jika ia goyah dalam wawancara ABC, kata seorang sumber kepada Reuters.

Demokrat melihat perebutan kendali DPR pada bulan November sebagai hal yang penting, karena itu bisa menjadi kekuasaan terakhir mereka di Washington jika Trump kembali ke Gedung Putih dan Republik menguasai Senat.

Biden menghadapi kenyataan baru sejak debat minggu lalu - bahkan jika ia tidak goyah secara verbal atau fisik, kekhawatiran serius tentang kelayakannya sebagai kandidat kemungkinan akan tetap ada.

Jika ia salah bicara atau tampak tidak fokus atau bingung, ia akan menghadapi tekanan baru untuk mundur.

Jika terpilih kembali, Biden akan berusia 86 tahun pada akhir masa jabatan kedua.

Ia diminta oleh beberapa mantan pendukungnya untuk mundur demi melestarikan warisannya dan mengurangi peluang Trump untuk menjadi presiden kedua.

Dengan hanya empat bulan tersisa sebelum pemilihan, keputusan harus segera dibuat, kata mereka.

Demokrat, termasuk sekutu utama, telah membiarkan pintu terbuka untuk menempatkan Harris di puncak tiket Demokrat.

Baca Juga: Trump Ungguli Biden dalam Survei Terbaru WSJ dan New York Times

Selanjutnya: Mitos atau Fakta Makan Oatmeal Bisa Menurunkan Berat Badan?

Menarik Dibaca: 4 Sayuran Penyebab Asam Urat, Mengandung Purin yang Tinggi




TERBARU

[X]
×