kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45892,72   -3,94   -0.44%
  • EMAS1.368.000 0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dapatkah Demokrat Mengganti Joe Biden sebagai Calon Presiden AS sebelum November?


Senin, 01 Juli 2024 / 07:36 WIB
Dapatkah Demokrat Mengganti Joe Biden sebagai Calon Presiden AS sebelum November?
ILUSTRASI. Beberapa anggota Partai Demokrat secara terbuka mempertanyakan apakah dia harus diganti sebagai kandidat capres Demokrat. REUTERS/Tom Brenner 


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Setelah menyaksikan penampilan buruk Presiden AS Joe Biden dalam debat dengan mantan Presiden Donald Trump pada Kamis (27/6/2024) malam, beberapa anggota Partai Demokrat secara terbuka mempertanyakan apakah dia harus diganti sebagai kandidat dari partai tersebut untuk pemilu 2024.

Ada proses untuk melakukannya, tetapi akan sangat kacau dan berantakan.

Untuk mendapatkan jawaban tentang bagaimana hal itu akan berjalan, Reuters berbicara dengan Elaine Kamarck, seorang peneliti senior di lembaga think tank Brookings Institution, anggota Komite Nasional Partai Demokrat, dan penulis buku "Primary Politics" tentang proses pencalonan presiden.

Penjelasan ini sebagian besar didasarkan pada wawancara dengannya.

T: Apa saja pilihan yang dimiliki Partai Demokrat?

J: Partai Demokrat tidak memiliki Rencana B yang nyata untuk Biden sebagai calon presiden. Biden mencalonkan diri sebagai calon presiden partai tahun ini tanpa lawan.

Dia tidak akan dinominasikan secara resmi sampai akhir musim panas ini, jadi masih ada waktu untuk membuat perubahan dan beberapa skenario untuk memberlakukannya: Biden dapat memutuskan untuk mundur sebelum dicalonkan; ia dapat ditantang oleh orang lain yang mencoba merebut delegasi yang telah diperolehnya; atau ia dapat menarik diri setelah konvensi Partai Demokrat di Chicago pada bulan Agustus, dan membiarkan Komite Nasional Partai Demokrat memilih seseorang untuk mencalonkan diri sebagai melawan Trump.

Baca Juga: Biden Lakukan Penggalangan Dana Pasca Penampilan Buruk dalam Debat Melawan Trump

T: Jadi apa yang terjadi selanjutnya?

J: Saat ini, prosesnya sangat bergantung pada Biden. Dia harus setuju untuk mundur atau menghadapi penantang di tahap akhir proses ini yang akan mencoba memaksanya. Sejauh ini Biden tidak menunjukkan indikasi ingin mundur, dan tidak ada lawan yang menantangnya secara langsung.

Bahkan beberapa calon penggantinya - Wakil Presiden Kamala Harris dan Gubernur California Gavin Newsom - berbicara dengan penuh semangat dalam pembelaannya setelah debat, berperan sebagai pengganti yang menunjukkan dukungan mereka, namun juga membandingkan penyampaian mereka yang lancar dengan penyampaian Biden yang tersendat-sendat di panggung debat Atlanta.

T: Apa yang akan terjadi jika Biden mengundurkan diri?

J: Biden telah menghabiskan beberapa bulan terakhir untuk mengumpulkan hampir 4.000 delegasi Partai Demokrat dengan memenangkan pemilihan pendahuluan di negara bagian dan teritori AS.

Para delegasi tersebut biasanya akan memilihnya, namun peraturan tidak mengikat atau memaksa mereka untuk melakukannya; para delegasi dapat memilih dengan hati nurani mereka, yang berarti mereka dapat memberikan suara mereka kepada orang lain.

Jika Biden "melepaskan" delegasinya dengan mengundurkan diri, mungkin akan ada persaingan di antara kandidat Demokrat lainnya untuk menjadi calon presiden.

Baca Juga: Tampil Buruk di Debat Pilpres AS, Partai Demokrat Panik dengan Pencapresan Joe Biden




TERBARU

[X]
×