Sumber: Washington Post | Editor: Sanny Cicilia
SAN FRANCISCO. Facebook Inc mengumumkan kinerja kinclong, Rabu (29/1). Ini sekaligus sebagai kado ulang tahunnya yang ke-10 untuk para investor.
Perusahaan jejaring sosial ini, secara mengejutkan, membukukan pendapatan US$ 2,58 miliar di kuartal IV lalu. Nilai ini 44% lebih besar ketimbang periode Oktober-Desember tahun sebelumnya, dan mengalahkan perkiraan analis US$ 2,35 miliar.
Total pendapatan Facebook di tahun lalu mencapai US$ 7,8 miliar.
Labanya juga melejit 7 kali lipat, menjadi US$ 523 juta, atau 20 sen per saham. Di kuartal IV-2012, Facebook hanya membukukan laba US$ 64 juta atau 3 sen per saham.
Alhasil, harga Facebook melompat lebih dari 11% setelah perdagangan tutup, ke US$ 53,53 per saham. "Ini akhir yang bagus bagi Facebook," kata Mark Zuckerberg, Chief Executive Officer Facebook.
Beberapa poin yang menjadi highlight kinerja Facebook:
1. Facebook melihat lebih banyak interaksi yang terlibat di website. Sheryl Sandburg, Chief Operating Facebook bilang, pengguna fokus pada fitur percakapan real-time, dan diharapkan mendatang lebih banyak menarik pengguna kaum muda.
2. Jumlah pengguna yang mengakses Facebook dari layar perangkat mobile naik 49% di kuartal IV menjadi 556 juta akun. Zuckerberg juga berbicara kemungkinan perusahaan membuat aplikasi Facebook Messenger untuk memudahkan pengguna perangkat mobile.
3. Pendapatan iklan Facebook mencapai US$ 1,2 miliar. Di Black Friday saja, hari serba diskon sebelum Thankgiving, Facebook bisa mengumpulkan pendapatan US$ 8 juta.
4. Facebook saat ini menguji fitur iklan video, yang diperkirakan menarik lebih banyak uang bagi pengiklan yang ingin membuat mini-commercial di website.
5. Pertumbuhan Instagram membantu Facebook. Saat ini jumlah pengguna fitur jejaring sosial foto ini mencapai 150 juta.