kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.440.000   -4.000   -0,28%
  • USD/IDR 15.339   1,00   0,01%
  • IDX 7.829   -2,64   -0,03%
  • KOMPAS100 1.196   2,88   0,24%
  • LQ45 970   3,33   0,34%
  • ISSI 228   0,02   0,01%
  • IDX30 495   1,66   0,34%
  • IDXHIDIV20 597   3,35   0,56%
  • IDX80 136   0,44   0,33%
  • IDXV30 140   0,56   0,40%
  • IDXQ30 166   1,10   0,67%

Kamala Harris Bergerak Cepat untuk Mengamankan Pencalonan Presiden AS


Senin, 22 Juli 2024 / 22:47 WIB
Kamala Harris Bergerak Cepat untuk Mengamankan Pencalonan Presiden AS
ILUSTRASI. U.S. Vice President Kamala Harris speaks at a campaign event in Greensboro, North Carolina, U.S., July 11, 2024.? REUTERS/Kevin Lamarque


Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Kamala Harris bergerak cepat pada hari Senin (22/7) untuk mencoba mengamankan pencalonan presiden dari Partai Demokrat.

Sehari setelah Presiden Joe Biden, 81, mengundurkan diri dari pencalonan kembali di tengah meningkatnya oposisi dari partainya sendiri.

Harris, 59, dijadwalkan berbicara di Gedung Putih pada pukul 11:30 waktu setempat (1530 GMT) pada hari Senin, pidato publik pertamanya sejak dia memasuki balapan pada hari Minggu.

Pejabat kampanye dan sekutu telah membuat ratusan panggilan atas namanya, mendesak delegasi untuk konvensi Partai Demokrat bulan depan untuk bergabung dalam menominasikan dia sebagai presiden dalam pemilihan 5 November melawan Donald Trump dari Partai Republik.

Gubernur Michigan Gretchen Whitmer, yang dianggap sebagai pesaing potensial untuk pencalonan Demokrat setelah pengunduran diri Biden, mendukung Harris dalam sebuah posting di X, mengatakan bahwa wakil presiden mendapatkan dukungan penuh darinya.

Baca Juga: Rupiah Ditutup Melemah Usai Joe Biden Mundur, Simak Proyeksinya untuk Selasa (22/7)

Beberapa calon pesaing Demokrat lainnya, termasuk Gubernur California Gavin Newsom dan Gubernur Kentucky Andy Beshear, juga mendukung pencalonan Harris.

Pengunduran diri Biden adalah kejutan terbaru dalam kontestasi Gedung Putih yang mencakup upaya pembunuhan terhadap mantan Presiden Trump oleh seorang penembak saat kampanye dan penunjukan senator AS J.D. Vance sebagai pasangannya.

"Tujuan saya adalah untuk mendapatkan dan memenangkan nominasi ini," kata Harris dalam sebuah pernyataan.

"Saya akan melakukan segalanya dalam kekuasaan saya untuk menyatukan Partai Demokrat - dan menyatukan negara kita - untuk mengalahkan Donald Trump."

Harris, yang merupakan keturunan Afrika-Amerika dan Asia-Amerika, akan menciptakan dinamika baru yang sepenuhnya berbeda dengan Trump, 78, menawarkan perbedaan generasional dan budaya yang jelas.

Baca Juga: Wall Street Menguat Senin (22/7), Investor Menilai Dampak Mundurnya Joe Biden

Biden, orang tertua yang pernah menduduki Gedung Putih, mengatakan dia akan tetap menjadi presiden hingga masa jabatannya berakhir pada 20 Januari 2025, sambil mendukung Harris untuk mencalonkan diri menggantikannya.

Penampilan debat Biden yang goyah pada 27 Juni melawan Trump mendorong rekan-rekan Demokratnya untuk mendesaknya mengakhiri pencalonannya. Berpendapat bahwa jika Biden tidak fit untuk berkampanye, dia tidak fit untuk memerintah.

Harris menghabiskan hari Minggu berbicara di telepon, mengenakan sweatshirt Universitas Howard dan makan pizza dengan ikan teri saat dia berbicara dengan Gubernur Pennsylvania Josh Shapiro, calon pasangan wakil presiden potensial, pemimpin Demokrat di DPR Hakeem Jeffries, dan ketua Kaukus Hitam Kongres, Perwakilan Steven Horsford, menurut sumber.

Pengunduran diri Biden menyisakan waktu kurang dari empat bulan untuk menjalankan kampanye.

Trump pada hari Senin mempertanyakan hak Demokrat untuk mengubah kandidat.

"Mereka mencuri balapan dari Biden setelah dia memenangkannya dalam pemilihan pendahuluan," kata Trump di situs Truth Social miliknya.

Baca Juga: Pengusaha Khawatir Janji Trump Hapus Mandatori EV di AS Akan Turunkan Harga Nikel

Meskipun dukungan awal untuk Harris, pembicaraan tentang konvensi terbuka ketika Demokrat berkumpul di Chicago pada 19-22 Agustus tidak sepenuhnya diredam.

Mantan Ketua DPR Nancy Pelosi dan mantan Presiden Barack Obama tidak mengumumkan dukungan, meskipun keduanya memuji Biden.

Dengan Demokrat yang memasuki wilayah yang belum dipetakan, Ketua Komite Nasional Demokrat Jaime Harrison mengatakan, partai akan segera mengumumkan langkah selanjutnya dalam proses pencalonannya.




TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×