kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kanada Siapkan US$ 708 Juta untuk Kembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Baru


Rabu, 26 Oktober 2022 / 22:10 WIB
Kanada Siapkan US$ 708 Juta untuk Kembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Baru


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - OTTAWA. Guna mengurangi emisi, Kanada akan menyediakan dana senilai US$ 708 juta dalam pembiayaan pengembangan reaktor modular skala kecil (SMR). Ini merupakan  teknologi nuklir baru, mengutip Reuters pada Rabu (26/10).

Menteri Sumber Daya Alam Kanada Jonathan Wilkinson mengatakan proyek ini sedang dikembangkan oleh Ontario Power Generation (OPG) di Darlington, Ontario. Proyek ini akan menjadi SMR skala grid komersial pertama di negara anggota G7.

Pendanaan yang ditawarkan negara ini sebagai utang berbunga rendah dari kumpulan Bank Infrastruktur Kanada (CIB) yang dialokasikan untuk investasi listrik bersih. Dana tersebut akan digunakan untuk pekerjaan persiapan yang diperlukan sebelum konstruksi nuklir, termasuk desain proyek dan persiapan lokasi.

Krisis energi yang dipicu oleh perang di Ukraina telah memperbaharui minat pada tenaga nuklir. Lalu SMR generasi berikutnya dipandang efisien dan lebih cepat untuk dibangun. Ini akan menjadi cara untuk mempercepat peralihan dari bahan bakar fosil.

Baca Juga: Ramai-ramai Kinerja Perusahaan Global Menurun, Tanda Ekonomi Mulai Merosot?

"Kami melakukan ini karena energi nuklir, sebagai sumber energi yang tidak memancarkan emisi, sangat penting untuk pencapaian tujuan iklim Kanada dan dunia," kata Wilkinson di Kompleks Energi Darlington di Clariington, Ontario.

Kanada, seperti anggota G7 lainnya, menargetkan emisi nol bersih pada tahun 2050. Pemerintah memiliki tujuan antara untuk mengurangi emisi 40% hingga 45% di bawah tingkat yang berhasil dicapai 2005 pada tahun 2030 nanti.

"Tenaga nuklir adalah salah satu sumber yang dapat membantu dalam mencapai target iklim kita sambil mengatasi permintaan di masa depan yang terus meningkat," pungkas Wilkinson.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×