kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kapal China kembali memasuki wilayah zona ekonomi ekslusif Vietnam


Selasa, 14 April 2020 / 12:09 WIB
Kapal China kembali memasuki wilayah zona ekonomi ekslusif Vietnam
ILUSTRASI. Kapal Coast Guard China-5202 dan Coast Guard China-5403 membayangi KRI Usman Harun-359 saat melaksanakan patroli mendekati kapal nelayan pukat China yang melakukan penangkapan ikan di ZEE Indonesia Utara Pulau Natuna, Sabtu (11/1/2020). Dalam patroli ters


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  HANOI. Kapal Survei China kembali terlibat perselisihan dengan kapal-kapal Vietnam di Laut China Selatan karena memasuki wilayah Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) Vietman. Hal itu ditunjukkan data hasil pelacakan Vietnam pada hari Selasa (14/4). 

Perselisihan ini merupakan kelanjutan dari perselisihan tahun lalu.

Mengutip Reuters, pada awal Juli 2019, kapal-kapal Vietnam menghabiskan waktu berbulan-bulan membayangi kapal survei Haiyang Dizhi 8 China di perairan kaya sumber daya alam tersebut.

Baca Juga: China perketat pemeriksaan di perbatasan Rusia dan setuju uji coba vaksin corona

Ini merupakan wilayah potensial diperebutkan ketika Amerika Serikat (AS) menantang kalim laut China yang luas.

Pada hari Selasa ini, kapal yang digunakan untuk melakukan survei seismik lepas pantai, terlihat dijarak 158 kilometer atau 98 mil dari lepas pantai Vietnam yang diapit oleh setidaknya satu kapal penjaga pantai Tiongkok.

Setidaknya ada tiga kapal Vietnam bergerak membayangi kapal-kapal China tersebut.

Kehadiran Kapal Survei China Haiyang di ZEE Vietnam terjadi 15 hari menjelang lockdown nasional di Vietnam untuk mencegah penyebaran wabah virus corona.

Baca Juga: China kirim kapal induk dekati Jepang saat angkatan laut AS berjuang melawan corona

Kehadiran kapal China ini juga bersamaan dengan tenggelamnya kapal nelayan Vietnam di dekat pulau-pulau yang disengketakan. Sebuah tindakan yang mengundang protes dari Vietnam dan menuduh China telah melanggar kedaulatannya serta mengancam kehidupan para nelayannya.

Amerika Serikat, yang bulan lalu mengirim kapal induk ke pelabuhan Danang di Vietnam tengah, mengatakan sangat prihatin dengan laporan bahwa China yang menenggelamkan kapal nelayan Vietnam tersebut dan mendesaknya untuk lebih fokus pada upaya global untuk memerangi virus corona.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×