kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45725,83   16,46   2.32%
  • EMAS914.000 0,11%
  • RD.SAHAM 0.55%
  • RD.CAMPURAN 0.20%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Karyawan Samsung terinfeksi corona, perusahaan Korsel bersiap hadapi yang terburuk


Senin, 24 Februari 2020 / 12:05 WIB
Karyawan Samsung terinfeksi corona, perusahaan Korsel bersiap hadapi yang terburuk
ILUSTRASI. Logo Samsung. REUTERS/Kim Hong-Ji/File Photo

Sumber: Reuters,Bloomberg | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Samsung Electronics Co, LG Electronics Inc, dan perusahaan lain di Korea Selatan (Korsel) mengambil tindakan pencegahan terhadap penyebaran virus corona. Kondisi ini terjadi seiring meningkatnya jumlah kasus di negara tersebut, termasuk infeksi pada seorang karyawan Samsung di fasilitas produksi lokal.

Melansir Bloomberg, perusahaan teknologi terbesar di negara itu menutup operasi di pabrik di Kota Gumi selama akhir pekan setelah karyawan dinyatakan positif terkena virus, dan mengatakan pihaknya berencana untuk memulai kembali operasi pada Senin sore waktu setempat. Saham Samsung Electronics turun sebanyak 3% di Seoul.

Virus corona yang berasal dari China, kini telah menyebar ke negara lain, termasuk Korea dengan lebih dari 750 kasus yang dikonfirmasi. Perusahaan-perusahaan dari Jepang hingga Singapura mengambil langkah-langkah untuk membatasi penyebaran di antara karyawan dan dalam fasilitas mereka.

Baca Juga: Laporan TV Jepang picu spekulasi di China: Virus corona mungkin berasal dari AS

Di Korea Selatan, kasus karyawan Samsung memicu kecemasan karena Gumi memiliki sejumlah fasilitas yang dioperasikan oleh Samsung, LG Electronics, LG Display, Toray Group dan perusahaan lain. Samsung memiliki dua jalur produksi di Gumi, sekitar 200 kilometer (124 mil) tenggara Seoul, untuk beberapa ponsel cerdasnya.

LG Electronics, yang memiliki pabrik TV di kompleks industri Gumi, menginformasikan kepada para pekerja yang pulang-pergi dari Daegu untuk bekerja dari rumah. LG Display telah menginstruksikan pekerja yang telah mengunjungi daerah Daegu untuk tidak datang ke kantor selama dua minggu. 

Baca Juga: Dua maskapai Korsel menghentikan sementara penerbangan ke Daegu akibat virus corona

Sementara staf kantor pusat dilarang mengunjungi daerah tersebut tanpa persetujuan dari manajemen.

Samsung telah mengalihkan lebih dari setengah produksi ponsel pintar ke Vietnam tetapi masih memproduksi beberapa model premium di kompleks Gumi. Penghentian di pabrik dapat memengaruhi produksi model kelas atas Samsung termasuk Galaxy Z Flip yang dapat dilipat dan Galaxy Fold.

Baca Juga: Jumlah terinfeksi virus corona tembus 100 orang, 10 ribu warga Italia dikarantina



TERBARU

[X]
×