kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45868,39   -1,11   -0.13%
  • EMAS947.000 1,07%
  • RD.SAHAM -0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.10%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kasus corona di India tembus 20 juta, bisa mengerikan selama beberapa minggu ke depan


Selasa, 04 Mei 2021 / 12:52 WIB
Kasus corona di India tembus 20 juta, bisa mengerikan selama beberapa minggu ke depan
ILUSTRASI. Seorang pasien penderita penyakit virus corona (COVID-19) menerima perawatan di dalam bangsal gawat darurat di Rumah Sakit Holy Family di New Delhi, India, Kamis (29/4/2021). REUTERS/Danish Siddiqui.


Sumber: Al Jazeera | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - NEW DELHI. India pada Selasa (4/5) mengonfirmasi lebih dari 20 juta infeksi virus corona, setelah mencatat 357.229 kasus baru selama 24 jam terakhir. 

Lonjakan ganas dalam kasus Covid-19 telah membuat sistem perawatan kesehatan India berada pada titik puncaknya, dengan rumahsakit kehabisan oksigen dan hampir semua tempat tidur terisi.

India telah menyaksikan pemandangan orang-orang sekarat di luar rumahsakit yang kewalahan dan nyala tumpukan kayu kremasi menerangi langit malam.

Dr Ashish Jha, Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Brown di Amerika Serikat, prihatin dengan pembuat kebijakan India yang telah dia hubungi percaya bahwa keadaan akan membaik dalam beberapa hari mendatang.

Baca Juga: WHO: India dan Brasil sumbang lebih dari setengah kasus corona dunia pada pekan lalu

“Jika semuanya tidak berjalan dengan baik, segalanya akan menjadi mengerikan selama beberapa minggu ke depan. Dan itu mungkin lebih lama lagi," katanya, seperti dikutip Al Jazeera.

Jha mengatakan, fokusnya adalah pada langkah-langkah kesehatan masyarakat "klasik": pembatasan mobilitas, lebih banyak pengujian, pemakaian masker, dan menghindari pertemuan besar. 

"Itulah yang akan mematahkan bagian belakang gelombang ini (tsunami Covid-19 di India)," tegas dia.

Infrastruktur kesehatan hampir runtuh 

Total infeksi virus corona di India melonjak melewati 20 juta, didorong oleh 357.229 kasus baru selama 24 jam terakhir. Sementara kematian bertambah 3.449 menjadi 222.408, data Kementerian Kesehatan India menunjukkan.

Baca Juga: Oksigen langka, rumah sakit Delhi terus mengirimkan pesan putus asa




TERBARU

[X]
×