kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45894,78   -3,24   -0.36%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kasus Covid-19 di Australia melonjak lagi, varian Omicron mulai menyebar


Kamis, 09 Desember 2021 / 12:40 WIB
Kasus Covid-19 di Australia melonjak lagi, varian Omicron mulai menyebar
ILUSTRASI. Seorang pejalan kaki menyeberang jalan saat matahari terbenam di pusat kota selama penguncian untuk mengekang penyebaran wabah Covid-19 di Sydney, Australia, Selasa (14/9/2021). Kasus Covid-19 melonjak lagi, varian Omicron menyebar. REUTERS/Loren Elliott.


Sumber: Reuters | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - SYDNEY. Infeksi Covid-19 menyebar di pub dan klub di kota terbesar Australia, termasuk tiga kasus baru varian Omicron di antara orang-orang yang melakukan pelayaran pesta.

Pihak berwenang telah melonggarkan pembatasan di Sydney sejak awal Oktober lalu, ketika kota itu muncul dari penguncian hampir empat bulan untuk menahan varian Delta setelah populasi mencapai tingkat vaksinasi yang lebih tinggi.

"Kami baru-baru ini melihat peningkatan penularan di tempat-tempat publik yang lebih besar, dan itu tentu saja merupakan faktor yang berkontribusi terhadap peningkatan kasus," kata Marianne Gale, Wakil Kepala Petugas Kesehatan New South Wales, mengatakan dalam sebuah video yang di-posting di Twitter, seperti dikutip Reuters.

Puluhan orang yang menghadiri pub dan klub di Sydney dinyatakan positif terpapar virus corona. Dan, para pejabat sedang menunggu hasil tes genomik untuk melihat apakah mereka terinfeksi varian Omicron atau tidak.

Baca Juga: 2 Ilmuwan top ini bilang, varian Omicron tidak lebih buruk dari Delta

Infeksi harian Covid-19 terus meningkat karena pelonggaran pembatasan dengan Negara Bagian New South Wales, yang mencakup Sydney, mencatat 420 kasus baru pada Kamis (9/12), kenaikan terbesar dalam dua bulan terakhir, dengan sebagian besar disebabkan oleh varian Delta.

Tetapi, jumlah infeksi varian Omicron telah meningkat sejak Australia melaporkan kasus pertamanya sekitar dua minggu lalu. Sekitar 50 kasus kini telah terdeteksi termasuk tiga yang terkait dengan pelayaran pesta di Sydney.

Omicron berpotensi lebih menular dari varian sebelumnya, meskipun tanda-tanda awal menunjukkan penyakit yang lebih ringan. Hanya saat ini, tak satu pun dari 151 orang di rumahsakit di New South Wales khusus pasien Covid-19 yang terinfeksi varian Omicron.

Hanya, Australia bernasib jauh lebih baik dibanding banyak negara dalam mengatasi pandemi, dengan hanya mencatat hampir 224.000 kasus dan 2.082 kematian, sebagian besar karena keputusannya untuk menutup perbatasan pada Maret 2020.




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×