kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 2.093.000   -2.000   -0,10%
  • USD/IDR 16.421   19,00   0,12%
  • IDX 7.910   55,58   0,71%
  • KOMPAS100 1.109   7,83   0,71%
  • LQ45 808   3,49   0,43%
  • ISSI 270   2,36   0,88%
  • IDX30 420   2,16   0,52%
  • IDXHIDIV20 487   2,40   0,50%
  • IDX80 122   0,70   0,57%
  • IDXV30 133   0,39   0,29%
  • IDXQ30 136   0,97   0,72%

Kebablasan Pakai AI, Perusahaan Ini Menyesal dan Rekrut Karyawan Lagi


Senin, 15 September 2025 / 11:18 WIB
Kebablasan Pakai AI, Perusahaan Ini Menyesal dan Rekrut Karyawan Lagi
ILUSTRASI. CEO Klarna mengakui bahwa perusahaan tersebut mungkin telah bertindak terlalu jauh dalam menggunakan AI untuk memangkas biaya. REUTERS/Dado Ruvic


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - STOCKHOLM/NEW YORK. CEO Klarna, salah satu perusahaan pertama yang mengadopsi kecerdasan buatan di Eropa, mengakui bahwa perusahaan tersebut mungkin telah bertindak terlalu jauh dalam menggunakan kecerdasan buatan alias AI  untuk memangkas biaya. 

Sebastian Siemiatkowski menyampaikan pernyataan tersebut dalam sebuah wawancara dengan Reuters pada hari Selasa (9/9/2025) lalu yang telah disetujui untuk dipublikasikan pada hari Rabu. 

Siemiatkowski menceritakan, perusahaan-perusahaan global berlomba-lomba memanfaatkan AI untuk membantu mereka meningkatkan efisiensi, menurunkan biaya operasional, dan meningkatkan pengambilan keputusan. Akan tetapi, transisi ini terbukti sulit.

Klarna telah memangkas ribuan pekerjaan, menghentikan vendor seperti Salesforce Inc, dan beralih ke AI untuk membuat kampanye pemasaran. Dia berhasil menghemat jutaan dolar. Akan tetapi, kini dia menyadari bahwa semuanya berjalan terlalu cepat.

"Kami mungkin sedikit melebih-lebihkan indeksnya, dan kemudian dalam enam bulan terakhir kami telah mencoba untuk memperbaikinya," kata Siemiatkowski kepada Reuters dari New York.

Baca Juga: Hemat Waktu dan Biaya dalam Rekrutmen dengan Aplikasi Berbasis AI

Ia menambahkan bahwa fokus utama adalah meningkatkan produktivitas dan meningkatkan produk bagi pelanggan dan pedagang.

Siemiatkowski mengatakan tahun lalu bahwa mereka telah mengurangi staf menjadi 3.800 dari 5.000, dengan pengurangan lebih lanjut diperkirakan akan terjadi seiring dengan mengandalkan AI untuk menangani pertanyaan pelanggan. 

Chatbot-nya telah mengerjakan pekerjaan 700 staf, memangkas waktu penyelesaian rata-rata menjadi dua menit dari 11 menit, kata perusahaan tersebut.

Pada bulan Mei, Klarna menggunakan avatar AI Siemiatkowski untuk menyajikan pendapatan kuartalannya. Bahkan, Klarna telah memulai hotline bagi pelanggan untuk berbicara langsung dengan avatar AI interaktif yang dilatih berdasarkan suara, wawasan, dan pengalaman asli Siemiatkowski.

Perusahaan ini kini kembali merekrut karyawan. Terdapat lebih dari puluhan lowongan pekerjaan di portal lowongan kerja perusahaan.

Baca Juga: Pemilik Rolling Stone dan Billboard Gugat Google atas Ringkasan AI




TERBARU
Kontan Academy
Business Contract Drafting GenAI Use Cases and Technology Investment | Real-World Applications in Healthcare, FMCG, Retail, and Finance

[X]
×