kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Kekayaan bos Louis Vuitton Bernard Arnault tembus US$ 100 miliar


Jumat, 21 Juni 2019 / 18:40 WIB
Kekayaan bos Louis Vuitton Bernard Arnault tembus US$ 100 miliar

Berita Terkait

Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Herlina Kartika

KONTAN.CO.ID - PARIS. Bernard Arnault, orang terkaya di Eropa, kini tergabung dalam jajaran tiga orang terkaya di dunia dan bersanding dengan Jeff Bezos dan Bill Gates di kalangan orang kaya paling ekslusif di dunia. Kekayaannya setidaknya kini sudah menembus US$ 100 miliar. Arnault, pemilik LVMH masuk dalam jajaran centibilionaires awal pekan ini.

Produsen barang mewah ini mencatat kenaikan saham sebesar 2,9% ke rekor € 368,8 per saham. Akibatnya, kekayaan bersihnya telah meningkat hampir US$ 32 miliar tahun ini, dan menjadi kenaikan terbesar dari 500 orang terkaya menurut indeks Bloomberg.


Miliarder Prancis ini juga menjadi orang paling kaya di Eropa menurut peringkat yang disajikan oleh Bloomberg. Ia pun menjadi peringkat teratas dengan mendahului Kering SA' Francois Pinault, pewaris merek kosmetik ternama yakni Francoise Bettencourt Meyers dengan selisih kekayaan US$ 40 miliar. 

Sementara itu di di bawahnya ada pula pemilik merek Chanel Gerard dan Alain Wertheimer bersaudara yang pekan ini bertambah kaya US$ 9,8 miliar setelah wewangian miliknya mencatatkan kenaikan positif di tahun 2018.

Kekayaan Arnault saat ini tercatat sebesar US$ 100,4 miliar. Jumlah kekayaan pria ini lebih dari 3% ekonomi di Prancis. Kekayaannya juga sempat menjadi topik hangat di negara asalnya, banyak kalangan yang protes kalau tahun ini kalangan orang kaya lebih diuntungkan. 

Bahkan di tengah meningkatnya ketegangan perdagangan, selera konsumen China akan tas Louis Vuitton dan Cognac Hennesy telah mendorong hasil signifikan untuk bisnis LVMH yang juga membawahi merek kelas dunia seperti Dom Perignon Champagne dan jam tangan Tag Heur.

Melansir Fortune, Jumat (21/6) saham miliknya sejauh ini melonjak 43%, dan merupakan perusahaan dengan kinerja terbaik dalam indeks CAC 40 di Prancis.

Pria berusia 70 tahun ini juga termasuk di antara taipan dunia yang secara bersama-sama memberi sumbangan ke Gereja Katedral Notradame sebesar US$ 650 juta bulan April lalu. 

Kekayaannya selain bersumber dari kepemilikannya di LVMH, Arnault juga memiliki 97% saham di Christian Dior, rumah dior yang didirikan tiga tahun sebelum kelahirannya pada tahun 1949.

Arnault juga cukup gesit dalam melakukan ekspansi bisnis, salah satunya lewat akuisisi grup tekstil yang menjadi mitra Christian Dior. Kala itu, ia menjual seluruh saham di perusahaan yang berada di bawah namanya dan menggunakan dananya untuk membeli saham mayoritas di LVMH pada tahun 1988.

Kekayaannya diramal bakal melesat. Sebab, pesaingnya yaitu Bill Gates terkenal akan sifat dermawannya lewat Bill & Melinda Gates Foundation yang sudah menyumbang lebih dari US$ 35 miliar harta Gates. 

Sementara Bezos pendiri Amazon.com mencatatkan penurunan kekayaan sebesar US$ 40 miliar di awal tahun ini pasca perceraiannya dengan MacKenzie Bezos rampung.



Video Pilihan

TERBARU

×