kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45913,59   -9,90   -1.07%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kembali Gempur Kota Lyiv, Pasukan Rusia Makin Dekat dengan Polandia


Jumat, 18 Maret 2022 / 14:04 WIB
Kembali Gempur Kota Lyiv, Pasukan Rusia Makin Dekat dengan Polandia
ILUSTRASI. Asap mengepul di atas gedung-gedung di dekat bandara Lviv, saat invasi Rusia ke Ukraina berlanjut, di Lviv, Ukraina, 18 Maret 2022. REUTERS/Roman Baluk


Sumber: CNN,Reuters | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - LYIV. Walikota Lyiv, Andriy Sadovy, pada hari Jumat (18/3) melaporkan bahwa rudal Rusia telah menghantam daerah dekat bandara kota. Namun, Sadovy memastikan bandara tidak terkena dampaknya.

Dikutip dari Reuters, saat ini pihak berwenang masih mengamati situasi dan akan segera melaporkan keadaan pastinya secepat mungkin.

Sementara itu, kanal televisi Ukraina 24 melaporkan setidaknya sudah ada tiga ledakan yang terdengar di kota itu.

Serangan Rusia ke kota Lyiv semakin menjadi-jadi sejak pekan lalu. Militer Rusia menembakkan rudal di dekat Lviv dan menghantam pangkalan militer besar di dekat perbatasan Polandia. Insiden itu disebut telah menewaskan puluhan orang.

Baca Juga: NATO Berpotensi Menumpuk Pasukan di Eropa Timur untuk Menahan Invasi Rusia

Kota penting bagi Ukraina

Lyiv merupakan salah satu kota penting yang terletak sekitar 70 km dari perbatasan dengan Polandia. Dekatnya lokasi ini membuat Lyiv seolah menjadi pintu masuk menuju NATO.

Sejak invasi Rusia ke Ukraina dimulai, Lyiv telah menjadi titik kumpul bagi para pengungsi yang hendak meninggalkan negara menuju Polandia atau negara lainnya.

Mengutip CNN, Lyiv telah menampung lebih dari 200.000 orang terlantar. Lyiv sendiri adalah kota yang berpenduduk lebih dari 700.000 jiwa. Gelombang pengungsi membuat kota ini semakin padat.

Baca Juga: Polandia Mulai Khawatir Perang Ukraina Merambat ke Wilayahnya

Kota ini juga telah menjadi tempat singgah sementara bagi banyak organisasi media dan kedutaan yang terpaksa lari dari ibu kota Kyiv.

Dari aspek militer, Lyiv juga berfungsi sebagai rute pasokan senjata penting ke militer Ukraina. Kerasnya perlawanan militer di kota ini juga telah dianggap berhasil menggagalkan rencana Rusia untuk melakukan invasi cepat.

Lyiv juga memiliki arti penting dari aspek budaya. Di kota ini terdapat kawasan kota tua yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO. Pemerintah Ukraina juga terus berusaha melindungi Museum Nasional di Lyiv yang menampung koleksi seni abad pertengahan yang suci dan manuskrip keagamaan yang langka.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×