kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45770,67   6,06   0.79%
  • EMAS888.000 0,11%
  • RD.SAHAM -0.17%
  • RD.CAMPURAN -0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.12%

Kembalikan kepercayaan investor, Trump berharap The Fed segera ambil tindakan


Senin, 02 Maret 2020 / 05:22 WIB
Kembalikan kepercayaan investor, Trump berharap The Fed segera ambil tindakan
ILUSTRASI. Presiden AS Donald Trump. REUTERS/Erin Scott

Sumber: CNN,CNBC | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Presiden Amerika Donald Trump mengatakan kepada wartawan pada Jumat (8/2/2020) di Gedung Putih bahwa ia berharap Federal Reserve "terlibat" dalam penanganan virus corona dengan memangkas suku bunga.

Melansir CNN, Trump kemudian mulai membandingkan AS dengan negara-negara lain, seperti Jerman. "Merekamenggelontorkan banyak uang ke matket dan mereka mungkin menurunkan suku bunga," katanya.

"Jika Anda melihat negara lain, mereka semua mengisi kasir, mereka semua masuk ke sana, mereka menghasilkan banyak uang," kata Trump. "Dan Fed kita duduk di sana, tidak melakukan apa yang seharusnya mereka lakukan."

Baca Juga: Digerus profit taking, harga emas dan logam mulia lain bakal volatil sementara

Bank-bank sentral di seluruh dunia secara dekat memonitor wabah virus corona yang baru, dan investor percaya mereka akan turun tangan untuk menjaga ekonomi dunia tetap berputar.

Saham-saham di seluruh dunia telah mengalami aksi jual sepanjang minggu, bahkan sempat mengalami koreksi pada Kamis, karena investor dan ekonom semakin khawatir tentang dampak virus pada rantai pasokan global dan perdagangan.

Baca Juga: Mantan ekonom Trump: Virus corona bisa memicu resesi global!

Sementara itu, melansir CNBC, pengamat pasar finansial dan ekonom memprediksi, Fed akan memberlakukan penurunan suku bunga acuannya sebesar 50 basis poin pada pertemuan bulan Maret mendatang. Para pejabat, termasuk Pimpinan Jerome Powell, belum berkomitmen untuk melakukan tindakan. Kendati begitu, Powell menegaskan bank sentral akan bertindak sesuai apa yang diperluka. 

"Virus corona menimbulkan risiko yang berevolusi terhadap kegiatan ekonomi," kata Ketua Federal Reserve Jerome Powell dalam sebuah pernyataan. 

Dia menambahkan bahwa The Fed memantau perkembangan dan implikasinya untuk prospek ekonomi.



TERBARU

[X]
×