Sumber: Reuters | Editor: Putri Werdiningsih
KONTAN.CO.ID - Meta Platforms telah mengakuisisi hampir 3% saham induk perusahaan pembuat kacamata Rayban, EssilorLuxottica. Raksasa teknologi asal Amerika Serikat (AS) menggelontorkan dana sekitar 3 miliar euro atau setara US$ 3,52 miliar.
Langkah ini dilakukan ditengah meningkatnya minat konsumen terhadap perangkat dengan teknologi artificial integelegent (AI). Dengan mempercepat teknologi yang dapat dikenakan dengan kemampuan kecerdasan buatan dapat membantu Meta menarik pengguna baru pengguna baru karena menginvestasikan miliaran dolar untuk memperkuat infrastruktur
Baca Juga: Meta Berniat Bajak Insinyur Top OpenAI, Sam Altman: Diiming-imingi Bonus US$100 Juta
Sayangnya EssilorLuxottica menolak berkomentar, sementara Meta tidak tidak segera merespons ketika dihubungi oleh Reuters.
EssilorLuxottica merupakan produsen di balik sejumlah merek kacamata ternama seperti Ray-Ban, Oakley, dan Persol.
Menurut sumber Reuters, setelah membeli saham senilai 3 miliar euro, kini Meta tengah mempertimbangkan investasi lebih lanjut agar bisa meningkatkan porsi sahamya menjadi kisaran 5%.
Baca Juga: Meta Resmi Akuisisi Scale AI Senilai US$ 14,3 Miliar
Sebelumnya dalam pemberitaan Bloomberg, bulan lalu raksasa media sosial ini juga telah bekerja sama dengan Oakley (yang juga dimiliki oleh Essilor Luxottica) untuk merilis kacamata pintar bertenaga AI yaitu Oakley Meta HSTN. Perangkat ini mengusung teknologi AI dengan fitur kamera resolusi tinggi, speaker terbuka (open-ear audio), dan ketahanan terhadap cipratan air.
Chief Executive EssilorLuxottica, Francesco Milleri pernah mengatakan pihaknya tengah berupaya meningkatkan kapasitas produksinya untuk kacamata pintar dan berharap untuk memperluas kolaborasinya dengan Meta dengan merek lain.